Sejumlah Rumah Warga di Pancasura Rawan Diterjang Longsor

SINGAJAYA,(GE).-  Intensitas hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir mesti diwaspadai, terlebih untuk daerah dengan kontur tanah labil atau pemukiman warga yang sebelumnya telah mengalami longsor. Sedikitnya ada 9 unit rumah warga di Kampung Sawahlimus, RT. 3/3, Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya terancam terkena longsor.

Kepala Desa Pancasura, Saefulloh A Ridho, mengatakan longsor sempat terjadi di area persawahan yang berjarak sekitar 200 meter di bawah permukiman warga. Akibatnya sejumlah rumah warga rawan terkena longsor.

“Kejadiannya kemarin sekitar pukul 01.00. Saat kejadian cuacanya memang sedang hujan deras,” ujar Saefulloh melalui sambungan telepon, Selasa (2/2/2016).

Dikatakannya,  lokasi pemukiman warga di kasawan Garut selatan ini memang berada di kemiringan yang sangat curam sehingga sangat rentan terkena longsor. Untuk sementara, pihaknya telah mengimbau warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kami sediakan lokasi sementara di madrasah yang lebih aman. Soalnya jika warga menempati rumah kami khawatir tiba-tiba terjadi longsor,” katanya.

Sembilan rumah yang mengalami kerusakan, lanjut Saefulloh, yakni rumah milik Dudin, Jaka, Asep, Oma, Amad, Omod, Bahri, Sahrudin dan Nasrodin. Saefulloh berharap pihak Pemkab Garut melalui BPBD bisa segera memeriksa lokasi longsor.

“Upaya dari kami pihak desa untuk sementara memindahkan warga dulu. Apalagi kalau hujan deras akan sangat membahayakan warga,” tandasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN