Sejumlah Posyandu di Kecamatan Karangpawitan Minim Sarana, Akibatnya…

YUSEP Mulyana saat memberikan bantuan berupa peralatan timbangan kepada kader Posyandu Situjaya, Kamis (2/3/17). (Syamsul/GE)***

GARUT, (GE).- Para kader pos pelayanan terpadu (posyandu) di Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengeluhkan sarana tempat pelayanan. Pasalnya, dari 8 posyandu yang ada, baru satu yang memiliki bangunan tempat memberikan pelayanan kepada masyarakat, yaitu Posyandu Situjaya.

Meski sudah memiliki bangunan, Ketua Posyandu Situjaya, Siti Fatimah, mengatakan, fasilitasi meja dan kursi yang tersedia tidak layak pakai. “Tak hanya itu, Posyandu Situjaya juga tak memiliki MCK. Padahal kebutuhannya cukup urgen. Kalau ada kegiatan, ya terpaksa para tamu menggunakan MCK di rumah tetangga,” keluhnya.

Sementara itu, ketua dan kader posyandu lainnya mengaku kesulitan untuk bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Masalahnya, mereka sama sekali belum memiliki bangunan posyandu.


“Selama ini teman-teman melakukan kegiatan posyandu di rumah pribadi, karena keterbatasan sarana dan prasarana,” ungkap Nur dan Yuyun selaku Ketua Posyandu Dahlia dan Ketua Posyandu Tunas Jaya.

Keluhan para kader posyandu tersebut terungkap pada acara reses yang dikakukan anggota DPRD Garut dari Fraksi Nasdem, Yusep Mulyana, SH, MH, Kamis (2/3/17) lalu. Kedatangan wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang didampingi Pengurus Harian DPD Nasdem Garut, Muslim Shiddiq,  ini disambut antusias para ketua dan anggota kader Posyandu Desa Situjaya, Kecamatan Karangpawitan.

Menanggapi berbagai permintaan dan keluhan para kader Posyandu Situjaya, Yusep Mulyana mengaku memberikan apresiasi dan siap membawa aspirasi ini untuk dibahas di DPRD Garut.

“Jika mau mendirikan bangunan, silahkahkan rembug, tentukan posyandu mana yang menjadi prioritas untuk dibangun,” kata Yusep.

Yusep juga menambahkan, tuntutan aspirasi yang disampaikan harus dapat dipilah untuk menjadi skala prioritas.

“Semua aspirasi yang disampaikan ini akan saya tampung dan perjuangkan. Mudah-mudahan semuanya bisa terealisasikan,” pungkas Yusep. (Syamsul)***

 Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI