Sejumlah Parpol Mulai Lakukan Verifikasi di KPUD Garut

ilustrasi

GARUT,(GE).-  Tercatat ada delapan partai politik (parpol) telah menyerahkan salinan bukti keanggotan untuk mengikuti Pemilu 2019. Dari delapan partai tersebut, tiga parpop diantaranta belum bisa melengkapi berkas.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, kelima parpol yang dinayatakan sudah melengkapi berkas diantaranya Partai Perindo, PSI, Nasdem, PKS, dan Partai Berkarya. Sementara tiga parpol yang sudah mendatangi KPU namun belum melengkapi berkas yakni PDI, Gerindra, dan Garuda.

“Hari ini sepertinya semua partai yang belum menyerahkan berkas akan datang. Soalnya terakhir penyerahan berkas waktunya sampai pukul 24.00 untuk melengkapi,” ujar Hilwan usai menerima berkas keanggotaan PKS di Aula KPU Garut, Minggu (15/10/17).


Dijelaskannya, di Kabupaten Garut sendiri tercatat ada 18 parpol yang sudah berkoordinasi untuk penyerahan berkas. Kemungkinan di hari terakhir penyerahan berkas, parpol akan mendatangi KPU.

“Kalau tak menyerahkan berkas, berarti tak mendaftarkan partainya di Garut. Nanti kan diverifikasi lagi di tingkat pusat,”  tukasnya.

Ditambahkannya, tiga partai yang sudah mendaftar namun perlu perbaikan karena data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tak sama dengan berkas yang dibawa parpol. Setiap partai pun harus mendaftarkan anggotanya sebanyak 1.000 atau 1/1.000.

“Untuk tahap pertana baru jumlah anggota saja. Setelah ini mulai masuk ke verifikasi lanjutan. Seperti data anggota dan harus sesuai dengan eKTP dan KTA (kartu tanda anggota),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Garut, Wawan Kurnia, mengatakan kesulitan saat verifikasi anggota di lapangan pasti terjadi. Apalagi salah satu syaratnya harus menggunakan eKTP. Apalagi masih banyak yang menggunakan KTP konvensional.

“Tapi semua bisa kami atasi. Hari ini (kemarin) kami serahkan berkas 2.605 anggota. Verifikasi pun berjalan lancar karena sudah dikelompokan per desa oleh kami,” katanya.

Pada Pemilu 2019, lanjutnya, PKS menargetkan untuk meraih 20 persen suara atau 10 kursi DPRD Garut. Hal tersebut menjadi bukti keseriusa PKS untuk memenangkan Pemilu.

Terkait Pilkada Garut, Wawan menyebut jika PKS sama sekali belum berkoalisi dengan partai manapun. Meski begitu, pihaknya sudah melakukan penjajakan ke semua partai di Garut.

“Untuk calon dari PKS sudah ditentukan yakni Helmi Budiman (Wakil Bupati Garut). SKnya sudah ada dan disebutkan sebagai calon Bupati atau Wakil Bupati,” katanya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI