Sejumlah Jalan di Garut Diusulkan Gunakan Nama-nama Pahlawan, Akankah Terealisasikan ?

Kawasan Jalan A. Yani, atau lebih dikenal dengan Pengkolan, adalah salah satu jalan di kawasan perkotaan Garut yang menggunakan nama pahlawan./ foto: ER/GE.***

GARUT,(GE).- Sebagai upaya lebih menegenalkan masyarakat terhadap nama nama pahlawan, baru-baru ini mengemuka usulan penggantian sejumlah jalan dengan nama nama pahlawan asal Garut. Seperti diketahui, saat ini juga ada beberapa nama jalan di Garut yang sudah menggunakan nama nama pahlawan.

Menurut Kasie Perencanaan Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Cep Ayi Fitriana, di Garut saat ini tercattat lebih dari 100 nama jalan. Dari sejumlah nama jalan tersebut, penggunaan nama jalannya lebih cenderung menggunakan nama terusan.

“Contohnya, Jalan Terusan Pembangunan, Jalan Guntur saja ada beberapa, mulai Guntur Melati, Guntur Indah dan lainnya. Mungkin ada baiknya nama-nama jalan di Garut ini dirubah dengan nama pahlawan-pahlawan lokal Garut. Seperti yang sudah ada, misalnya jalan KH Profesor Anwar Musaddad dan KH Hasan Arief,” ungkapnya.


Diiakuinya, untuk bisa merubah seluruh nama jalan yang ada di Kabupaten Garut bukanlah hal yang mudah. Dilerlukan aturan yang mengikat dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Jika jalan di Kabupaten Garut misalnya ada 100 saja, tentu harus ada 100 nama pahlawan asli Garut yang kemudian dikaji siapa layak digunakan sebagai nama jalan. Tapi sebetulnya ini juga bisa menjadi media pembelajaran bagi masyarakat,” katanya.

Menanggapi rencana penggantian nama sejumlah nama jalan tersebut, Muhammad Surya, 26, warga Kecamatan Karangpawitan, berharap nama jalan dengan menggunakan anam pahlawan bisa menjadi mendia pembelajaran.

” Memang, selama ini sejarah pahlawan dari Garut kurang terekspose. Dengan adanya rencana penggantian nama jalan oleh nama pahlawan lokal Garut tentu diharapkan akan menjadi media pembelajaran bagi masyarakat Garut, sehingga lebih mengenal nama nama pahlawannya, ” ungkapnya.

Diharapkannya, sebelum memberikan nama jalan dengan pahlawan Garut, harus dilakukan kajian sejarah nama pahlawannya seperti apa. Setelah itu, jika dimungkinkan nama-nama tersebut dibukukan sehingga bisa menjadi referensi masyarakat untuk lebih mengenal pahlawannya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI