Sedikitnya 6000 Bikers Indonesia Siap “Ulin ka Garut”

PANPEL “Garut Bike Week” berfoto bersama usai menggelar konpernsi pers di aula pabrik Dodol Garut Picnic, Rabu (11/4/18). (Foto : Farhan SN/GE)***

GARUT, (GE).- Sedikitnya 6000 bikers tanah air akan “ulin ka Garut” memeriahkan event “Garut Bike Week”, Sabtu (14/4/18). Kegiatan yang akan berlangsung di kawasan Yonif 303 Cibuluh, Cikajang, Garut Selatan, Jabar, ini digelar selain dalam rangka HUT Garut ke 205, juga HUT Bhayangkara ke-72, dan HUT Kostrad ke-53. Juga untuk mempromosikan wisata alam di kawasan selatan Garut.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk mendeklarasikan anti hoax, dan mengkampanyekan Pilkada damai. Dan tentunya pula membantu mewadahi dan menyalurkan komunitas hobi bikers,” kata Ketua Pelaksana kegiatan bertema “Hayu Ulin ka Garut”, H. Ato Hermanto, didampingi tokoh olahraga Garut, di antaranya Deden Rohim, Tedi Golsom, dan lainnya.

Ato menjelaskan, dari 6.000 bikers yang akan datang, 3.000-an di antaranya merupakan crosser, dan sisanya dari komunitas motor gede. Para peserta tidak hanya datang sendiri, mereka wajib memboyong keluarganya.


Event munggaran ini, kata H. Ato, diyakini akan memberikan banyak kesan sangat berbeda dari kegiatan serupa lainnya. Sebab, peserta tikak sekadar datang berkumpul dan berkeliling menggunakan kendaraan. Mereka juga akan mengikuti kegiatan kolaboratif, mulai dari memanah, lempar pisau, bhakti sosial, dan lainnya.

“Jadi, nanti di sana akan ada berbagai event lain karena ini konsepnya family gathering. Para ayahnya ikut motocross, maka keluarganya ada kegiatan lain di area event. Di sana kan ada bazar, lomba mewarnai, dan banyak lagi. Ini even besar yang pertama di Garut,” tandasnya.

Rencananya, kata H. Ato, kegiatan ini turut dihadiri Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto. Kapolda akan ikut “ngetrack” bareng dengan ribuan crosser lainnya.

“Rencananya Pak Kapolda, Pak Kapolres, dan pejabat Polisi lainnya akan ikutan. Dan even ini juga akan dibuka oleh Pak Kapolda,” tambah H. Ato.

Lebih jauh H. Ato menjelaskan, kegiatan para bikers akan dibagi dalam dua zona, yakni zona 1 dan zona 2.  Zona untuk rombongan Kapolda. Sedangkan zona 2 untuk para bikers profesional.

“Rencananya Pak Kapolda akan memberikan bingkisan kepada masyarakat yang berada di sekitar track zona 1,” ucapnya.

Untuk peserta Zona 2, kata H. Ato, nantinya akan melewati kawasan perkebunan teh Cisaroni dan Papandayan yang jaraknya sekira 60 km dengan waktu tempuh sekira 4 jam.

Sementara itu, Kepolres Garut, AKBP Budi Arya Wiguna, mengatakan, untuk jalur yang akan dilewati para bikers dari luar kota sudah dilakukan simulasi arus lalu lintas.

“Tentu kita sudah perkirakan dengan banyaknya biker yang datang ke Garut, dari mulai Tarogong hingga Cijakang,” ujarnya.
Sedangkan untuk di area Cibuluh sendiri rencananya akan dilakukan cara bertindak (CB) one way.

“Jadi nantinya selama event berlangsung akan diberlakukan satu arah di Jalan Raya Cibuluh,” ungkap Kapolres, saat melakukan konperensi pers di Aula pabrik Dodol Picnic Garut, Rabu (11/4/18). (MHI/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI