SDN Cirapuhan IV Terapkan Program Shalat Dhuha Sebelum Belajar

SELAAWI, (GE).- Ada pemandangan langka di salah satu sekolah ini, selain mengajar anak didiknya dengan berbagai mata pelajaran sekolah, pengelola di SDN Cirapuhan lV, Kecamatan Selaawi juga menerapkan pendidikan agama bagi siswa siswinya, khususnya dalam hal ibadah shalat.

Setiap hari Jum’at, sebelum masuk kelas, seluruh pelajar di SDN Cirapuhan IV diwajibkan mengikuti shalat dhuha terlebih dahulu.

Sebelum prosesi shalat dhuha siswa secara berjamaah, untuk mengisi rohani dan memahami ilmu agama, para pelajar bersama para gurunya terlebih dahulu mengikuti kultum (kuliah tujuh menit).


Program shalat dhuha di SDN lV Cirapuhan berjamaah, menurut pengelola sekolah sudah berlangsung sejak 1 tahun terakhir. Adalah Pepen Supendi (50), salah seorang guru yang mengusulkan program religi ini kepada pihak sekolah.

“Program shalat dhuha berjamaan ini telah berlangsung dalam setahun terakhir. Dan Alhamdulillah, semuanya menyambut antusias,” tutur Pepen, belum lama ini.

Dikatakannya, setiap hari Jumat, pukul 7.00, seluruh siswa yang sudah melengkapi diri dengan perlengkapan ibadah berkumpul di lapangan upacara untuk mengikuti kultum dan ibadah sholat sunnah dhuha.

“Kemudian pada pukul 7.30, mereka kembali masuk kelas mengikuti pelajaran sekolah seperti biasa. Kami berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya menjalankan ibadah. Di samping itu, bisa menerapkan kebiasaan melakukan hal positif, dan nantinya bisa selalu dilakukan hingga mereka dewasa kelak,” ungkap Pepen.

Bukan hanya itu saja, kini para siswa dan guru di SDN lV Cirapuhan, mennggulirkan program infak semampunya. Dana yang terkumpul biasanya disumbangkan bagi siswa yang sedang sakit. Bahkan, belum lama ini dana infak tersebut juga sempat di sumbangkan kepada korban banjir bandang Cimanuk. (Useu G Ramdani)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI