Satu Kompi Pasukan dari Polres Garut Bersiap Amankan Pilkada Pangandaran

KARANGPAWITAN, (GE).- Sedikitnya satu kompi pasukan Pengendali massa (Dalmas) akan diturunkan Polres Garut untuk membantu pengamanan Pilkada serentak di Pangandaran. Polres Garut juga siap menerjunkan pasukan ke wilayah lain bila ada perintah dari Polda Jabar.

Kapolres Garut, AKBP Arif Budiman, melalui Kabag Ops Polres Garut, Kompol Wira Sutriana, mengatakan, satu kompi anggota Polres Garut akan membantu Polres Ciamis untuk melakukan pengamanan di Pangandaran.

“Kami diperintahkan oleh Polda untuk mengirim satu kompi pasukan. Kalau Tasik dan Bandung kami menunggu perintah. Pada prinsipnya kami siap membantu daerah tetangga,” ujar Wira, dihadapan sejumlah awak media, Jumat (4/12/ 2015).

Dikatakannya, selain melakukan pengamanan di wilayah yang sedang menggelar Pilkada, anggota Polres Garut juga melakukan pendeteksian di Garut. Hal itu dilakukan untuk memonitor gerakan massa dari Garut menuju daerah yang tengah melakukan Pilkada serentak.

“Bisa jadi ada massa dari Garut bergerak ke lokasi penyelenggaraan Pilkada. Kami melakukan pendeteksian. Kami bisa antisipasi dan lakukan penyekatan agar mereka tak bergerak ke sana,” tegasnya.

Hingga saat ini, pihak Polres Garut belum ditemukan indikasi pergerakan massa dari Garut. Kemungkinan pergerakan massa bisa terjadi saat penetapan calon.

“Hanya Garut mungkin ada ormas tertentu yang mungkin mengundang. Jadi harus tetap kami antisipasi,” tukasnya.

Ditegaskannya, langkah preventif yangakan dilakukan berkaitan dengan pengerahan masa, dengan memberikan imbauan agar tidak ikut terlibat dalam proses Pilkada di wilayah lain.
“Nanti pak Kapolres juga rencananya bulan ini akan bertemu dengan sejumlah Ormas. Mereka juga harus ikut menjaga kondusifitas dan tidak usah ikut campur urusan daerah lain,” pungkasnya. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN