Satu Keluarga Lumpuh layu, Janji Bupati Rudy Gunawan Terbawa Mati

BANYURESMI, (GE).- Selama 13 tahun satu keluarga di Kampung Bojongsari ,RT 03/08, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, menderita lumpuh layu.  Saat ini keluarga teramat sederhana ini masih menanti janji yang pernah disampaikan Bupati Garut, H. Rudy Gunawan.

Mereka mengaku, Bupati Rudy pernah berjanji saat melakukan kampanye di Kampung Bojong sari. Janji yang disampaikan Bupati itu diantaranya akan memberikan bantuan kepada keluarga yang menderita lumpuh tersebut.

Sangat memilukan,  anggota keluarga yang mengalami lumpuh ini jumlahnya tinggal dua orang, yaitu Yudi (27) dan Adah (34). Tiga bulan yang lalu kepala keluarga dan seorang anaknya yang juga menderita lumpuh, telah meninggal dunia. Keadaan ini berbeda saat Bupati Garut H. Rudy Gunawan datang dan mengatakan janji, pada masa itu, anggota keluarga lumpuh ini masih lengkap.

Selama ini, hanya sang ibulah yaitu Karyati yang menjadi tulang punggung keluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan cara bekerja sebagai buruh tani. Untuk menambah penghasilan, Karyati menyabit rumput buat kambing ternaknya.

“Ya, hingga saat ini, kami sekeluarga masih menunggu janji-janji pak Bupati Rudy. Ema masih ingat, waktu pak Rudy ngalongok ka bumi Ema bareto. sanajan teu lebet ka jero bumi, tapi Pak Rudy nyebatkeun bade masihan bantosan ka Ema sakulawarga”, tutur Karyati, lirih.

Janji bupati yang sempat diucapkan tersebut, di benarkan oleh Jajang, Ketua RW setempat.  Namun, hingga kini janji untuk membantu keluarga Karyati itu belum ditepati  Bupati.

“Bahkan dua orang anak anggota keluarga yang lumpuh, yaitu swami dan satu anak Karyati akhirnya meninggal dunia. Yang paling menyedihkan, salah seorang cucu Karyati terpaksa tidak bisa meneruskan sekolahnya, karena tidak ada biaya,”  ungkap Jajang. (Useu G Ramdani)***