Sambut Hari Jadi Garut, SMPN 3 Cikelet Berhasil Luncurkan Roket Air

CIKELET, (GE).- Dengan menggandeng Teknisi Litkayasa Pelaksana Staf Controllroom Balai Uji Teknologi  Pengamatan Antariksa dan Atmosfir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Garut, Yudi Haryanto, ST, SMPN 3 Cikelet yang berada di Desa Awassagara Kecamatan Cikelet melakukan launching perdana rancang bangun Roket Air, Sabtu (18/2/2017).

Ratusan siswa SMPN 3 Cikelet dan SDN Awassagara 1 dan 2 antusias menyimak pemaparan teori rancang bangun roket air. Terlebih saat karya inovatif itu diluncurkan. Mereka menghitung mundur dari hitungan 10 sampai 1 layaknya peluncuran roket yang sebenarnya. Riuh rendah tepuk tangan pun membahana tatkala  roket berbahan botol plastik bekas minuman berisi air itu melesat ke udara, ramai-ramai merekapun memburunya.

Aktivitas khusus sambut Hari Jadi Garut ke-204 itu merupakan bagian dari rangkaian optimalisasi kegiatan team Karya Ilmiah Remaja (KIR) OSIS SMPN 3 Cikelet, selain rekayasa limbah plastik sehingga lebih bernilai, pembuatan sale pisang dan pemanfaatan kebun dan taman sekolah. “Kami undang tim ahli LAPAN untuk menggembleng pengurus KIR agar menguasai rancang bangun roket air,” tutur Wakasek E. Tamimi, S.Pd.,M.MPd.


Pembina KIR, Hasanudin, S.Pd memaparkan, ini merupakan pengembangan diri agar siswa menguasai teknologi  sekaligus memperkenalkan lembaga LAPAN dengan aktifitas sarat manfaatnya di Garut selatan. Setelah pengurus KIR menguasai rancang bangun roket air, lanjutnya, mereka dibimbing untuk menggelar event lomba tingkat SD/MI dengan mensosialisasikannya terlebih dahulu.

Apresiasi pun mengalir deras dari masyarakat, seperti penuturan Ketua Komite SMPN 3 Cikelet, Usep Muhidin, S.Pd. Dalam sambutannya ia mendorong agar siswa SMPN 3 Cikelet melek teknologi, “Kami mendukung penuh aktivitas yang dilakukan, “ ujarnya, seraya  mendoakan agar tiga orang siswa  terbaik SMPN 3 Cikelet yang akan berlaga pada Olimpiade Sains (OSn) bulan depan  di Garut mampu menorehkan prestasi.

Sebelum peluncuran roket air hasil rancang bangun bersama siswa di lapang sekolah, Teknisi LAPAN, Yudi Haryanto, ST terlebih dahulu mempresentasikan fungsi roket serta peran LAPAN dalam menjaga kewibawaan NKRI. Menurut Yudi, pihaknya sangat bangga melihat antusiasme siswa dalam menyimak  pembuatan roket air, “Ternyata kalau dibina serius, siswa pelosok desa pun tidak kalah potensial dari siswa kota,” pungkasnya. (Farhan/Roy)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI