Sambil Menggelar Jalan Sehat, Warga SMP Negeri 3 Cigedug Tanam 1000 Pohon di Gunung Cikuray. Ini Hasilnya…

RATUSAN siswa SMP Negeri 3 Cigedug, Garut, Jawa Barat, saat melakukan reboisasi di blok Legok Wana, Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug, Minggu (12/3/17). (Suwandi/SMPN 3 Cigedug)***

GARUT, (GE).- Kondisi  tanah sejumlah bagian lereng Gunung Cikuray, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Menyikapi masalah tersebut, ratusan siswa SMP Negeri 3 Cigedug menggelar penanaman seribu (1000) pohon di blok Legok Wana, Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug, Minggu (12/3/17).

Reboisasi yang diawali kegiatan jalan sehat tersebut mendapat dukungan Muspika Cigedug, warga Desa Cintanagara, dan ratusan siswa SD yang ikut terlibat langsung menghijaukan kembali lereng Gunung Cikuray. Adapun jenis pohon yang ditanam terdiri dari jati putih dan kalices putih.

“Alhamdulillah, untuk penyediaan benih pohonnya kami mendapat bantuan dari Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Cimanuk-Citanduy Wilayah Garut,” terang Kepala SMP Negeri 3 Cigedug, Abang Rahman, S.Pd, M.Pd, didampingi Wakasek, Ajang Saripudin, S.Pd, M.Pd, kepada “GE” usai acara.

KEPALA SMP Negeri 3 Cigedug didampingi perwakilan dari Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Cimanuk-Citanduy Wilayah Garut, menyerahkan benih jati putih kepada Sekmat Cigedug, Minggu (12/3/17). (Suwandi/SMPN 3 Cigedug)***

Abang berharap, kegiatan positif semacam ini bisa berlanjut secara berkala. Juga melibatkan komponen masyarakat lebih banyak. Ini, kata Abang, sekadar langkah awal untuk memotivasi masyarakat agar mau peduli terhadap kelestarian linkungan di kawasan Gunung Cikuray. Selanjutnya, untuk perawatan pohon yang sudah ditanam diserahkan kepada warga masyarakat sekitar.

BERBAGAI komponen masyarakat terlibat langsung dalam kegiatan reboisasi di blok Legok Wana, Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug, Minggu (12/3/17). (Suwandi/SMPN 3 Cigedug)***

Menurut Abang, bagi warga SMP Negeri 3 Cigedug, bicara soal pelestarian dan penghijauan lingkungan, bukanlah hal baru. Upaya tersebut sudah dimulai oleh para siswa di dalam lingkungan sekolah sendiri. Abang berharap, budaya tersebut bisa ditularkan di lingkungan masyarakat oleh para siswa.

Sejumlah warga Desa Cintanagara mengaku gembira dengan adanya program reboisasi yang diprakarsai warga SMPN 3 Cigedug tersebut.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan penghijauan ini. Sebab dapat mendidik para siswa untuk menjaga lingkungan serta memberikan contoh ke sesama kalangan terutama yang ada di lingkungan Gunung Cikuray. Kalau bisa, kegiatan seperti ini dilanjutkan tidak hanya hari ini atau pada hari ulang tahun saja,” ungkap salah seorang warga yang enggan ditulis namanya. (Suwandi/SMPN 3 Cigedug)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI