Rumah Warga di Kampung Tanjung Ludes Terbakar, Dua Orang Anak Dedeh Terancam Tidak Bisa Bersekolah

Rumah panggung di Kampung Tanjung, Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, tampak gosong pascakebabaran , Jumat (06/07/2018)/ foto: Andri/GE.***

GARUT,(GE).- Musibah kebakaran menimpa rumah panggung sederhana milik Dedeh warga Kampung Tanjung, Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jumat (06/07/2018). Menurut keterangan warga setempat, kobaran api yang diduga dipicu korsleting listrik tersebut dengan cepat melalap seluruh bangunan rumah milik Dedeh (40) yang memang berbahan baku dari kayu. Akibat amukan api tersebut, seluruh harta milik korban nyaris tak tersisa, hanya tinggal puing puing yang gosong.

” Ya, tadi api langsung nyala gede ke atas. Api pertama muncul dari kamar dalam rumah mungkin dari listrik,” tutur, Rizmal, salah seorang warga sekitar.

PUING puing sisa kebakaran rumah milik Dedeh, warga Kampung Tanjung, Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, tampak berantakan, Jumat (06/07/2018)./ foto: Andri/GE.***

Kobaran api sempat merembet ke rumah lain, namun berhasil dipadamkan satu jam kemudian. Proses pemadaman api sendiri dilakukan manual dengan gotong royong warga sekitar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebaran ini, namun kerugian materiil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Pascakebakaran, keluarga Dedeh kondisinya memprihatinkan. Dedeh mengaku, selain bangunan dan seisinya , uang tabungan sebesar Rp 6 juta pun turut hangus terbakar beserta seluruh perlengkapan sekolan dua orang anaknya yang masih duduk di banguk Sekolah Dasar.

“Ya, seluruh barang, perelengkapan sekolah milik anak Bu Dedeh, Ramdan dan Jenal hangus teak tersisa. Beberapa hari sebelum kebakaran, Bu Dedeh sempat membeli perlengkapan sekolah anaknya. Kasihan, mungkin kalau belum ada yang bisa bantu kedua anak Bu Dedeh tidak bisa bersekolah,” ungkap Dadang Hanif,tokoh pemuda di kampung setempat.

Pascakebakaran, Dedeh beserta kedua anaknya kini terpaksa harus tinggal sementara di rumah kerabatnya. Ia berharap, bantuan dari pihak terkait dan dermawan bisa meringankan beban hidupnya akibat musibah tersebut. (Andri)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI