Rumah Warga di Cireundeu Tiba-tiba Ambrol, Satu Keluarga Terpaksa Diungsikan

Kondisi rumah warga di Kampung Cireundeu Panjang, Desa Godog, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, tiba tiba ambrol, sekira pukul 15.00 WIB, Jumat (13/10/17).***

GARUT, (GE).- Diduga sudah lapuk dimakan usia, satu unit rumah warga di kawasan Kampung Cireundeu Panjang, Desa Godog, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut tiba-tiba ambrol. Kejadian yang menimpa rumah semi permanen milik warga bernama Anda (56) ini berlangsung sekira pukul 15.30 WIB, Jumat (13/10/17). Beruntung akibat kejadian ini tidak sampai menelan korban jiwa.

Menurut Kepala Desa Godog, Ocep Cipto, akibat ambrolnya hampir separuh dinding rumah warga ini terpaksa satu keluarga harus diungsikan ke rumah kerabatnya terdekat. Selain akibat sudah lapuknya kondisi bangunan, ambrolnya rumah ini juga diduga akibat tanah labil di sekitar rumah.

“Ya, kemungkinannya bisa karena kondisi bangunannya yang sudah lapuk, bisa juga karena pondasi bangunan yang didirikan di atas tanah yang labil. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan satu keluarga yang menghuni rumah tersebut itu untuk smentara mengungsi ke rumah kerabatnya terdekat,” ujar Ocep, Sabtu (14/10/17).


Sementara itu, pemilik rumah sekaligus kepala keluarga, Anda, mengaku kebingungan dengan ambrolnya rumah satu satunya tersebut. Anda, sendiri menurut Kades Godog, adalah salah seorang warga yang hanya berpenghasilan dari kerja serabutan. Keluarga tersebut memiliki keterbatasan secara ekonomi, sehingga perlu dibantu.

“Ya, kasihan juga, mereka sekarang kebingungan untuk kembali membangun rumahnya. Selama ini pak Anda hanya bekerja serabutan untuk menghidupi keluarganya. Keluarganya memang secara ekonomi memiliki keterbatasan. Kita berharap ada pihak-pihak yang sudi membantu keluarga pak Anda,” ungkapnya. (ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI