Rumah Mak Iros yang Ludes Terbakar Kembali Dibangun

CALON Bupati Garut nomor urut 2, Iman Alirahman, turut meletakkan batu pondasi pembangunan kembali rumah Mak Iros di Kampung Babakan Sarohan, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, yang ludes terbakar pada Minggu 4 Maret 2018 lalu. (Foto : Dok. Ihsan Masagi)***

GARUT, (GE).- Mak Iros (75) kini bisa bernafas lega. Harapan untuk bisa kembali membangun rumahnya yang ludes dilalap si jago merah pada Minggu, 4 Maret 2018 lalu kini terwuju. Warga setempat bergotong royong memberikan bantuan moril dan materil untuk membangun kembali rumah Mak Iros di Kampung Babakan Sarohan, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menurut Kades Sukalilah, Asep Haris, S.Pd.I, keluarga Mak Iros memang tergolong tidak mampu secara finansial. Selama ini Mak Iros tinggal sendirian. Suami Mak Iros – Uju, meninggal dunia sekira 6 tahun lalu.

Beruntung, saat terjadi musibah kebakaran, Mak Iros sedang menginap di rumah salah seorang anaknya yang tidak jauh dari rumahnya. Hanya saja, karena bangunan rumah Mak Iros terbuat dari kayu berdinding bilik bambu, dalam waktu sekejap ludes dilalap api. Termasuk seluruh pakaian dan peralatan rumah tangga yang ada di dalamnya.


Meski masih memiliki sanak saudara, mereka sama-sama dalam kondisi sulit. Karena itu, begitu rumah Mak Iros terbakar, Kades Sukalilah langsung mengumpulkan ketujuh ketua RW untuk menggalang bantuan dana.

“Alhamdulillah, kesadaran warga desa kami dalam bergotong royong sangat tinggi. Hanya dalam sebulan batuan untuk membangun kembali rumah Mak Iros sudah terkumpul,” terang Asep kepada GE, Selasa (24/4/18).

KONDISI rumah Mak Iros di di Kampung Babakan Sarohan, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, luluh lantak ludes terbakar pada Minggu 4 Maret 2018 lalu. (Foto : Dok. Polsek Cisurupan)***

Asep menjelaskan, program perbaikan rumah warga kurang mampu di desa dengan jumlah KK 1.500 tersebut bukan hanya kali ini dilakukan. Bahkan, kata Asep, dalam waktu dekat warga Sukalilah kembali akan memperbaiki dua rumah warga yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Rumah Mang Maman dan Mang Uyun memang kondisinya sudah mambahayakan untuk dihuni,” terang Asep yang menjabat Kades Sukalilah sejak tahun 2013 ini.

Kades yang juga nyambi menjadi guru di SMA IT Siliwangi Sukaresmi ini, berharap rencana perbaikan rumah kedua warganya itu dapat berjalan lancar.

Asep juga mengaku bersyukur karena selain dari warga desanya, ada salah seorang calon Bupati Garut yang turut empati terhadap nasib Mak Iros.

Selasa (24/4/18) pagi tadi, Calon Bupati Garut nomor urut 2, Iman Alirahman, turut bergabung dengan warga setempat. Selain bersilaturahmi, Iman berkesempatan meletakkan batu pertama pembangunan rumah baru Mak Iros. Iman juga memberikan bantuan untuk menutupi kekurangan material bangunan yang dibutuhkan.

Sejak tiba di lokasi, Iman yang datang ditemani jajaran pengurus ranting Partai Golkar Kecamatan Sukaresmi, langsung disambut sejumlah tokoh warga setempat yang sudah menunggunya.

Menanggapi sikap gotong royong yang ditunjukkan warga Desa Sukalilah, Iman menilai hal tersebut sebagai sikap positif yang harus terus dijaga dan ditingkatkan. Bahkan, kata Iman, sikap kepedulian yang baik ini patut dijadikan contoh oleh yang lainnya.

“Sikap gotong royong ini perlu terus dipupuk. Karena ini akan menjadi salah satu kekuatan utama dalam meningkatkan kualitas pembangunan desa,” katanya. (MHI/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI