Rudy Gunawan Resmikan Pompa Air Bertenaga Surya di Desa Sekarwangi

BUPATI Garut, Rudy Gunawan, menandatangani surat peresmian pembuatan sumber air bersih di Desa Sekarwangi, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Kamis (31/8/17)/ TAF Senopati/ GE).***

ALKISIH, di Desa Sekarwangi di Tahun 1970 terkenal sebagai daerah rawan bencana air bersih.  Pada tahun dekade 1992 terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) yaitu wabah muntaber. Hampir seluruh warga Desa Sekarwangi yang pada saat itu Puskesmas Malangbong penuh dengan pasien muntaber dari warga Desa Sekarwangi, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Bahkan kantor desapun dijadikan tempat untuk merawat warga yang terserang penyakit tersebut dikarenakan Puskesmas Kecamatan tidak sanggup untuk menampung semua pasien.

Pangkal sebab dari wabah tersebut dikarena sarana air bersih yang tidak memadai, bahkan akibat dari wabah tersebut 3 orang dewasa dinyatakan meninggal dunia.  Dari catattan di Desa Sekarwangi antara lain dari warga Kampung Kubang 1 orang, Kampung Pangkalan 1 orang dan Kampung Sindang Sari 1 orang.

Berdasar dari kejadian tersebutlah Pemerintah Kabupaten Garut selalu mengirim air bersih untuk warga Desa Sekarwangi di setiap musim kemarau tiba.  Bahkan dibuatkan sumur bor tetapi itu belum bisa mengatasi kebutuhan karena volume yang sihasilkan tidak mencukupi kebutuhan warga Desa Sekarwangi.


Maka dibuatkanlah pembangunan sarana air bersih yang nilainya mencapai Rp 1,1 miliar yang di ambil dari anggaran Kabupaten Garut dengan pelaksanaannya pemenang lelangnya CV Adi Rahayu Mandiri dengan penanggung jawab proyek tersebut Agung Harry Aditya.

Produk yang dugunakan untuk pompa air bersihnya dari Grundfos dengan menggunakan tenaga surya yang saat ini memang untuk di garut ini dijadikan pilot project. Air bersih yang dipakai untuk Desa Sekarwangi ini diambil dari mata air Cikepuh blok Cikepuh Desa Sekarwangi.

Hari ini, hari yang berbahagia buat warga Desa Sekarwangi karena kedatangan Bupati Garut H. Rudi Gunawan untuk meresmikan sarana air bersih tenaga surya.  Bupati berharap selalu bijak dalam pemakaian air ini dan berpola hidup sehat.

Hal senada dengan tanggapan dari Camat Malangbong Teten Sundara karena ini baru bisa untuk 2500 Kepala Keluarga dari 6500 Kepala Keluarga yang ada di wilayahnya. ” Di sini artinya kan masih banyak yang belum bisa menikmati sarana air bersih ini jadi dimohon untuk bijak dalam penggunaannya,” katanya.

Tak lupa Teten Sundara juha mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Garut H. Rudi Gunawan beserta jajarannya, Aay, Enan Selaku anggota Dewan, Uu Kadis PUPR.

Deden Munawar Selaku Kasi Pemdes menuturkan dalam pengelolaan sarana air bersih ini nantinya adalah BUMDes, “Dan untuk besaran nominalnya lewat musyawarah dengan pengurus BUMDes itu sendiri,” tandasnya. (TAF. Senopati.)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI