RPP, Wahana Lengkap Edukasi Pemilu

KOMISIONER KPU Jawa Barat, Agus Rustadi, menggunting pita peresmian penggunaan Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Kabupaten Garut, Jumat (31/3/17) pagi. (Farhan SN/GE)***

GARUT, (GE).- Rumah Pintar Pemilu (RPP) atau Poin (Pojok Informasi) Pemilu, resmi dibuka untuk masyarakat Kabupaten Garu sejak Jumat (31/3/17). Peresmian RPP dilakukan KPU Provinsi Jawa Barat.

Menurut Komisioner KPU Jawa Barat, Agus Rustandi, adanya RPP di tiap KPU kota/kabupaten merupakan hal sangat penting. RPP bisa menjadi wahana edukasi bagi semua komponen untuk berpartisipasi dalam pemilihan. Baik untuk belajar maupun mendalami informasi dan data kepemiluan. Pemilu di tingkat daerah maupun nasional.

“Dengan adanya RPP ini tentu bisa dijadikan inspirasi. Karena di dalam RPP terdapat sejarah kepemiluan, tahapan pemilihan, simulasi pencoblosan. Dan yang tak kalah penting, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mencoblos dengan baik,” jelasnya usai meresmikan RPP Poin Pemilu, Jumat (31/3/17).


Selain itu, Agus berharap, RPP bisa menjadi supporting sistem lembaga yang transparan dan akuntabel. Sebab, sekarang lembaga negara harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

“Uuntuk Pilkada serentak, syarat untuk memilih harus memiliki KTP elektronik,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, mengatakan, RPP merupakan program resmi dari KPU RI yang secara serentak terdapat di KPU seluruh Indonesia. Setiap kota/kabupaten diberikan kewenangan untuk memberikan nama RPP masing-masing. Dengan adanya RPP, pelayanan keterbukaan informasi untuk semua kalangan masyarakat bisa ditingkatkan lagi.

“Setiap hari kita buka dan gratis. Masyarakat bisa mengakses semua informasi kecuali informasi yang dikecualikan oleh Undang-Undang,” ujarnya.

Usai peresmian, para tamu undangan dipesilahkan untuk melihat dan menikmati akses informasi yang disediakan pada Poin Pemilu. Baik mengakses data kepemiluan, hasil suara pileg, hasil suara Pilkada, maupun Pilgub. (Awis/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI