Ridwan Kamil Bersanding dengan Uu Ruzhanul Ulum Maju dalam Pilgub Jabar?

PERTEMUAN Kader PPP di Sekretariat di Kantor DPC PPP Kabupaten Garut, Sabtu (3/6/2017).*

GARUT, (GE).- Penjajakan pencalonan pemilihan Gubernur Jawa Barat terus berlanjut. Kini Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Bupati Kabupaten Tasikmalaya bertemu di Kantor DPC PPP Kabupaten Garut. Mereka saling mengenalkan satu sama lainnya dan mempromosikan diri di hadapan seluruh kader PPP.

Bahkan pada kesempatan itu, Ridwan Kamil dan Uu diperkenankan duduk berdampingan oleh Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy. Sontak para kader yang hadir memberikan sambutan tepuk tangan.

Dalam perkenalannya, Emil menyebut jika kedua kakeknya berasal dari Garut yakni Banyuresmi dan Limbangan. Emil pun menyebut dirinya sebagai asgar atau asli Garut.


“Kakek dari ayah dan ibu berasal dari Garut. Jadi saya keturunan Garut,” kata Emil disambut tepukan kader PPP, Sabtu (3/6/2017).

Emil pun memberi kode kepada Ketum DPP PPP untuk bisa mendukung dirinya maju dalam Pilkada 2018.

“Kalau ada jodohnya, Pak Ketumnya jatuh cinta atau bagaimana, saya hanya ikhtiar saja. Masalah pasangan kalau bisa sesama kader PPP alhamdulillah. Ada pak Bupati Uu, tapi terserah pak Ketum karena politik bukan matematik,” ujarnya.

Emil pun berseloroh kepada kader PPP untuk mendukung dirinya yang merupakan asgar. “Masa orang Garut tak dukung asgar seperti saya,” ucapnya yang menyebut telah mendapat izin dari ibunya.

Tak ingin kalah dari Emil, Uu Ruzhanul Ulum juga memperkenalkan dirinya sebagai asgar. Ia pun mengaku jika memiliki darah Garut dari nenek buyutnya.

“Saya pun ada keturunan Garut. Buyut perempuan orang Garut. Boleh dibilang saya juga keturunan Asgar,” kata Uu.

Uu pun menyebut jika ia dan Emil memiliki satu kesamaan lainnya. Yakni sama-sama ingin menjadi Gubernur Jabar.

Sementara itu, Ketua DPP PPP, M Romahurmuziy, mengatakan Ridwan Kamil Bakal Calon (Balon) Gubernur Jabar diundang secara khusus oleh dirinya untuk ikut safari Ramadan di Garut. Selain Emil, kader PPP yang juga Balon Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, juga mendapat undangan tersebut.

“Hari ini saya ajak Kang Emil, pak Uu sebagai Balon Gubernur dan ajengan Asep sebagai Balon Wagub yang berasal dari kader PPP. Kenapa begitu banyak karena ingin chek sound ke rakyat terhadap balon yang diusung,” ujar Romi, sapaan akrabnya, kepada wartawan di Kantor DPC PPP Kabupaten Garut, Sabtu (3/6/2017).

Romi menargetkan agar PPP di Jabar bisa meraih kemenangan dalam Pilkada serentak. Untuk labuannya kepada Emil yang berasal dari luar partai, Romi mengaku jika ia mengikuti kehendak rakyat.

Mengenai Emil yang sudah lebih diusung Partai Nasdem, Romi menyebut jika ia tak melihat partainya. Namun ia lebih melihat figur Balon tersebut. Ajakan Emil ke Garut, lanjut dia, merupakan kesiapan PPP untuk memberikan dukungan.

“Kader atau non kader untuk partisipasi dipersilakan. Yang kami lihat diujung dalam pilkada itu elektabilitas. Kami mendukung kader tapi harus lihat apa yang diinginkan masyarakat,” katanya.

Pada pekan depan, PPP akan memulai pendaftaran Balon Gubernur. Ia mempersilakan semua kalangan untuk ikut mendaftar.

“Kami mengundang seluruh calon tapi reaksi dan respon calon berbeda-beda. Dapat respon baik dari Kang Emil dan kader sendiri (Uu Ruzhanul Ulum),” ucapnya.

Terkait pendaftaran Uu ke PDI Perjuangan, Romi tak mempermasalahkannya. Menurutnya PPP tak bisa mengusung calon sendiri. Perlu membangun koalisi. Ia mempersilakan untuk mengikuti prosedur di setia partai politik.

“Dengan partai manapun siap berkoalisi. Uu sudah setahun bekerja. Masih monitoring terus surveinya,” ujarnya. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI