Rentan Terjangkit HIV/AIDS, KPA Catat Ada Ribuan Kaum Gay di Garut

ilustrasi

GARUT,(GE).- Baru-baru ini terungkap catattan miris terkait keberadaan kaum Gay atau homseksual. Ctatattan tersebut dikeluarkan oleh Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Garut. Menurut catattan KPA dalam rentang tahun 2015 saja jumlah Gay mencapai 3.300 orang.

Menurut  pengelola Program KPA Kabupaten Garut, Guntur Yana Hidayat dari jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

“Hasil pendataan yang kami lakukan tahun 2015 saja jumlahnya di Garut sudah mencapai 3.300. Itupun hasil pendataan yang kita lakukan di wilayah kota saja,” ungkapnya, Ahad (7/10/2018).


Ditambahkannya, saat ini jumlah kaum Gay di Garut lebih banyak dibanding 2015 lalu. Bahkan, kini kaum Gay terindikasi sudah tersebar hingga ke pelosok daerah.

Dengan maraknya keberadaan Gay di Garut, sudah barangtentu sangat rentan terhadap penyebaran penyakit  HIV/AIDS. Terlebih penyebaran HIV sangat mudah terjadi pada kasus hubungan seks sesama jenis.

Menurutnya, berdasarkan data tahun 2015, dalam satu bulan terdapat satu sampai dua orang yang terjangkit HIV di Garut. Tak heran, saat itu 40 orang di antaranya bahkan bisa saja lebih, sudah terjangkit HIV.

“Estimasi dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2012, jumlah Gay di Garut mencapai 12 ribu orang. Pada 2015 kami sempat melakukan pendataan dan menemukan ribuan,” katanya.

Diungkapkannya, kebanyakan orang yang menyebarkan HIV 50 persen merupakan warga Garut yang pernah bekerja di luar kota. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI