Rektor Uniga Wisuda 517 Sarjana

TARKAL, (GE). – Universitas Garut kembali mewisuda 517 lulusanya. Wisuda yang dilaksanakan hari Sabtu, 19 Desember 2015 bertempat di Kampus UNIGA Jl. Samarang – Hampor Garut ini merupakan Wisuda pertama yang dilaksanakan pada tahun akademik 2015/2016. Universitas Garut melaksanakan wisuda setahun 2 kali yang merupakan komitmen Uniga dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menyelesaikan penididkan sesegera mungkin.

Wisuda gelombang 1 tahun akademik 2015-2016 rencananya akan dihadiri oleh Koordiantor Kopertis Wil. IV Jabar Banten, Koordinator Kopertais Wil. II Jabar Banten, Bupati dan unsur Forkominda, para alim ulama, tokoh masyarakat serta keluarga wisudawan.

Ke 517 mahasiswa yang diwisuda tersebut merupakan lulusan dari berbagai fakultas yang ada dilingkungan Universitas Garut diantaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 89 mahasiswa, Fakultas Ekonomi 166 mahasiswa, Fakultas Pertanian sebanyak 19 mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 90 mahasiswa, Fakultas Teknik sebanyak 2 mahasiswa, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan sebanyak 111 mahasiswa, Fakultas Ilmu Komunikasi sebanyak 30 mahasiswa dan Pascasarjana 10 mahasiswa.

Sedangkan Lulusan terbaik dengan IPK tertinggi diraih oleh : Nisa Nuruk Hanifa (IPK : 3,93/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Clara Irga Putri Putri Pratama (IPK : 3.93/Fakultas Ekonomi), Laela Adytia Sani (IPK : 3.82/Fakultas Pertanian), Lidya Nurullita (IPK : 3.90/FMIPA), Ayu Latifah (IPK : 3.55/Fakultas Teknik), Ja’far Amirudin (IPK : 3.92/Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan), Akmal Muhibban (IPK : 3.92/Fakultas Ilmu Komunikasi), Pahad Nurdiansyah (IPK : 3.55/Pascasarjana).

Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan dalam menapaki perjalanan selama ini, Universitas Garut memainkan peranan sangat penting dan mempunyai andil besar dalam upamaya mencerdaskan masyarakat Garut. Ribuan sarjana, pasca sarjana dan ahli madya termasuk yang diwisuda pada hari ini, telah dipersembahkan oleh Uniga kepada masyarakat Garut khususnya dan pada umumnya Jawa Barat. Diusianya yang ke 17 tahun Universitas Garut telah memiliki 34 dosen berpendidikan doktoral dan 17 dosen yang sedang menempuh pendidikan doktor (S3).

Ditambahkan, sebagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi Institusi B, Uniga terus berupaya meningkatkan kualitasnya dengan menambah Program Studi baru, meningkatkan semangat nasionalisme, patriotism serta wawasan kebangsaan melalui upacara bendera, serta mengikutsertakan mahasiswa baru dalam kegiatan pelatihan bela negara yang tahun ini diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi. Disamping itu Uniga terus berupaya meningkatkan softskill serta mendorong menumbuhkan kesadaran dikalangan mahasiswa dalam menjaga kebugaran sebagai salah satu hal dalam menambah daya saing melalui mata kuliah olah raga.

Berbagai prestasi telah berhasil ditorehkan oleh mahasiswa Univeritas Garut baik prestasi akademik maupun non akademik. Dibidang akademik salah satunya diraih oleh mahasiswa Farmasi Fakultas MIPA atas nama Anna, Faridah Aryani dan Wulan Andriani dengan memperoleh mendali perak kategori Cerdas Cermat dalam Olimpiade Farmasi Klinik Indonesia (OFKI) 2015 yang diadakan di Batam, sedangkan bidang non akademik beberapa prestasi baik itu tingkat Nasional maupun Internasional yang berhasil diraih oleh mahasiswa Uniga yaitu :
1. Asep Yuldan Sani dan Anggi Faisal meraih mendali emas di Kejuaraan duni Pencak silat 2015 di Phuket Thailand dan Mendali Perak di POMNAS 2015 di Aceh,
2. Gina Lestari, Luthfi Alfiyah dan Pramuditha Yulianisa meraih mendali perak
3. Gesti Fransiska meraih mendali Emas Tarung Derajat PORDA Jabar 2014 dan mendali perak Tarung Derajat di POMNAS 2015 Aceh
4. Bagus Bagas Pratama Meraih mendali perak Tarung Derajat di POMNAS 2015 di Aceh dan Porda Jabar 2014
5. Asep Yuldan Sani dan Anggi Faisal meraih mendali emas Pencak Silat di Porda Jabar 2014 dll.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya pada pelaksanaan wisuda kali ini akan dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara Universitas Garut dengan KPUD Garut dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu serta mensosialisasikan proses demokratisasi pada masyarakat sehingga tercapai tujuna sesungguhnya dari demokrasi yaitu memberdayakan masyarakat. Sedangkan MoU dengan BNN kab. Garut merupakan upaya uniga untuk mengajak institusi intitusi lain dalam menyelesaiakan berbagai permsalah di masyarakat terututma masalah narkoba serta ikut mensosialisasikan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaah dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN) dikalangan masyarakat. (Sumber Humas Uniga)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN