Rektor UNIGA Galakan “Sholat Subuh Berjamaah”

SHALAT Subuh berjamaah di masjid sudah banyak dijanjikan Al-Quran. Jika banyak orang tergerak ke masjid, ini bisa menjadi sebuah gerakan memakmurkan masjid. Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas Garut Prof. Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng.

Syakur berharap, gerakan ini menggugah para mahasiswa dan seluruh civitas akademika Universitas Garut untuk melakukanya secara ikhlas dan menjadi sebuah budaya yang tertanam di diri masing-masing. “Selain merupakan gerakan memakmurkan masjid kebanggan kota Garut, gerakan ini juga bisa menjadi benteng yang kokoh dalam mengantisipasi segala kemunkaran,” ungkapnya.

Diingatkan Syakur, merubah sebuah kebiasaan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi, ia akan terus berupaya untuk mengkampanyekan “Gerakan Subuh Berjamaah” dalam setiap kali kesempatan. Paling tidak menjadi agenda rutin Universitas Garut dalam setiap minggu.

Menurutnya, setelah lebih dari sebulan pelaksanaan Gerakan Subuh berjamaah, secara prinsip mahasiswa dan seluruh civitas akademika Universitas Garut sudah mulai tergugah dan simpatik untuk melakukannya. Terlihat dari minggu ke minggu, jema’ah terus bertambah, baik itu mahasiswa maupun staf Universitas Garut.

“Saya berharap semua mahasiswa yang kuliah di Universitas Garut itu tidak hanya aspek intelektualnya saja yang baik tetapi juga aspek spiritualnya. Sesuai dengan filosofi kami, Iman, Ilmu, Amal. Jadi, mereka punya misi ketika studi di Universitas Garut tidak hanya mencari gelar tetapi karena lebih kepada ingin menjadi umat yang bermanfaat,” pungkas Syakur.

Salah seorang jema’ah yang juga merupakan mahasiswa Universitas Garut, Rizal Pratama mengungkapkan, mengikuti gerakan ini mulanya terasa berat dijalani apalagi kebiasaan remaja suka bermalas-malasan di pagi hari. Tapi setelah dijalani ternyata banyak manfaat yang bisa diambil. “Selain beribadah juga ilmu bertambah, silaturahmi sambil sarapan pagi. Kita juga dibiasakan hidup disiplin dengan selalu bangun pagi,” ungkapnya.

Gerakan Sholat Subuh berjamaah ini dilaksanakan tiap hari minggu di Masjid Agung Garut. Selain diikuti oleh Mahasiswa dan Civitas Akademika Universitas Garut juga ikut hadir para mahasiswa STKIP Garut, STH Garut dan gerakan ini juga didukung penuh oleh Kapolres Garut AKBP Arief Budiman serta Dandim 0611/Garut Letkol. Inf. Zaiful Rakhman, SH., MM., yang sekaligus memberi meteri ceramah dalam sholat subuh berjamaah tersebut.(Adv)

Rektor Universitas Garut Prof. Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., sedang memberikan ceramah usai sholat subuh berjamaah di Masjid Agung Garut.