Realisasikan Dana APBN Pusat, Kades Sukamukti Bangun Jalan Penghubung Tiga Desa

PROSES betonisasi jalan penghubung 3 desa di Kampung Kondangrege, Desa Sukamukti, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (31/5/17)/ foto: Dok. Kades Sukamukti.

GARUT, (GE).- Desa merupakan ujung tombak pembangunan suatu negara. Maka tak heran jika pembangunan di suatu desa menjadi langkah awal terwujudnya pembangunan yang lebih baik. Untuk membangun sebuah desa yang maju, tentuya tidak terlepas dari peran seorang Kepala Desa. Tak heran, pada tahun 2017 pemerintah pusat terus menaikan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) untuk menggenjot pembangunan di wilayah perdesaan.

Desa Sukamukti, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut adalah salah satu Desa yang mendapatkan dana dari APBN tersebut. Dengan kepemimpinan Ahmad Jaelani, kini Desa Sukamukti terus menggenjot pembangunan di wilayahnya, khususnya pembangunan infrastruktur.

Ahmad Jaelani, Kepala Desa Sukamukti, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, saat berfoto di ruang pelayanan kantor desa.

Salah satu bentuk kerja nyata yang dilakukan Ahmad Jaelani adalah melakukan pembanguan jalan penghubung tiga desa, yang meliputi Desa Sukamukti, Mekarmukti dan Dangiang.


“Alhamdulillah, dengan dana dari pemerintah pusat (APBN/red.) kita biusa membangun jalan ini. Tentunya dengan adanya bantuan ini saya sampaikan kepada pemerintah, khususnya presiden Jokowi yang telah memperhatikan pembangunan di pedesaan,” kata Ahmad Jaelani, Rabu (31/5/17).

Dalam pembangunan jalan di Desa Sukamukti, proses pembangunannya dengan menggunakan sistem rabat beton readymix. Pembangunan jalan yang dimulai Kampung Kondangrege, RT01/RW06 hingga Kampung Hujung RW 01 sepanjang 980 meter, dengan lebar 3,5 meter dan volume 0,12 cm.

“Perlu diketahui, warga di sini (Desa Sukamukti/red.) juga sangat antusias menyambut pembangunan jalan ini. Meskipun pembangunan dilakukan pada bulan Ramadhan, warga antusias membantu bergotong-royong,” tutur Kades Ahmad, ¬†saat dihubungi melalui smartphoe nya. (Joehana)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI