Ratusan Mahasiswa STIE Yasa Anggana Gelar KKN PPM di Garut Selatan

GARUT, (GE).- Mulai tanggal 11 hingga 23 Agustus 2017, STIE Yasa Anggana menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) 2017 dengan tema kegiatan “Pemberdayaan SDM Unggul Sebagai Pilar Kekuatan UMKM dan Kelautan untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Garut Selatan.”

Dalam kegiatan ini sedikitnya 541 mahasiswa menjadi pesertanya. Ratusan mahasiswa ini disebar di 10 desa yang berada di wilayah Kecamatan Cibalong, dan 6 desa di wilayah Kecamatan Cisompet.

“Untuk tahun sekarang mahasiswa jurusan manajemen S1 yang mengikuti KKN PPM berjumlah 541 dan tersebar di 10 desa yang ada di Kecamatan Cibalong dan 6 desa yang ada di Kecamatan Cisompet,” tutur Dadang Syafarudin, SE., MM selaku ketua panitia.


Dalam sesi serah terima yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cibalong, Dr.Deni Rustadi,SE direktur LPPM, penanggung jawab kegiatan KKN PPM yang mewakili ketua STIE Yasa Anggana resmi menyampaikan pidato sambutannya.

Dalam sambutannya Deni mengungkapkan, bahwa penyelenggaraan KKN PPM merupakan media untuk menguji signifikansi kurikulum dan program studi yang dikembangkan dalam penyelenggaraan pendidikan. Disamping cara pemecahan masalah yang diangkat dari kehidupan masyarakat yang memberi daya dukung terhadap keberlangsungan penyelenggaraan perguruan tinggi.

“Selain itu KKN PPM merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat,” urainya.

Dikatakannya, salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa diantaranya pelatihan dan pendampingan manajerial Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), memfasilitasi bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) mulai dari perizinan sampai dengan pengemasan produk.

“Program yang akan dilaksanakan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan manajerial BUMDes, dan memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM dari mengurus perijinan sampai pengemasan produk,” tandasnya.

Diharapkannya, para mahasiswa yang melaksanakan KKN PPM 2017 bisa melaksanakan program dengan baik. Sehingga apa yang menjadi tema dari kegiatan KKN PPM tahun sekarang bisa terwujud. (Dedi Sofwan) ***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI