Ratusan Jemaah Haji Asal Garut, Keloter Pertama Bertolak dari Pendopo

KOTA, (GE).- Tidak kurang dari 444 orang calon jemaah haji asal Kabupaten Garut untuk keloter pertama diberangkatkan hari ini, Senin (8/8/2016). Pelepasan para ‘tetamu Allah’ ini secara simbolik resmi diberangkatkan Bupati Garut, Rudy Gunawan di Pendopo Garut.

Dalam pemberangkatan kali ini, ratusan calon jemaah haji tampak telah berkumpul di Pendopo Garut sejak pagi hari. Keramaian di komplek gedung Pendopo begitu kentara, pasalnya mereka diantar keluarganya masing-masing. Suasana haru pun membuncah begitu belasan bus yang mengangkut calon jemaah haji diberangkatkan sekira pukul 07.30.WIB.
Gemuruh do’a dipadu isak tangis keluarga menambah haru biru suasana pemberangkatan keloter pertama jemaah haji ini.

Erna Sri Wulandari (30), salah seorang calon jemaah haji mengaku telah mempersiapkan semuanya untuk keberangkatannya ke tanah suci. Ia yang berangkat bersama ibu dan adiknya telah mendaftar sejak tahun 2010.

“Mulai dari persiapan mental, fisik, dan kesehatan dijaga. Sekarang tinggal pasrah saja dalam beribadah. Mudah-mudahan selalu diberi bimbingan oleh Allah,” ujar Erna, Senin (8/8/2016).
Ia berharap selama menjalankan ibadah haji diberi kelancaran. Pihak keluarga, tambah Erna, juga selalu mendoakan agar ia bersama ibu dan adiknya bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

Sementara itu, keberangkatan calon jemaah haji dari Kabupaten Garut sendiri dibagi dalam empat keloter. Keloter pertama yang berangkat hari ini merupakan kloter pertama Jawa Barat.

Para calon jemaah haji akan berangkat menuju Tanah Suci, Dijadwalkan pada Selasa (9/8/2016). Sebelumnya para calon jemaah haji akan menginap terlebih dulu di asrama haji Bekasi.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, H. Usep Saepudin Muchtar, menyebutkan ke 444 orang calon jemaah haji asal Garut ini akan didampingi 6 orang pembimbing dan dokter. Sementara total jemaah haji asal Kabupaten Garut sebanyak 1.351 orang.

“Jadi total yang berangkat di kloter pertama ini ada 450. Masalah kesehatan juga terus dipantau sebelum mereka berangkat. Insya Allah tidak ada kendala lagi,” ucap Usep, disela-sela prosesi pelepasan calon jamaah haji di Pendopo Garut, Senin (8/8/2016).

Dijelaskannya, calon jemaah haji di Kabupaten Garut dibagi dalam empat kloter. Yakni kloter 1, 10, 47 dan 59. Untuk kloter 10 akan berangkat pada 12 Agustus, dengan jumlah 360 jemaah, kloter 47 pada 26 Agustus sebanyak 444 jemaah, dan Kloter 59 pada 31 Agustus sebanyak 103 jemaah.

“Dari 1.351 jemaah, ada enam jemaah yang masih dalam pengurusan visa. Insya Alloh, kita menjamin keenam jemaah tersebut masih tetap akan berangkat.” Tandasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN