Ratusan Anggota Polres Garut Siap Amankan Musim Mudik 2016

KARANGPAWITA,(GE).- Sebagai upaya untuk mengamankan musim mudik lebaran tahun ini (2016) , Kepolisian Resor (Polres) Garut mengerahkan ratusan personilnya. Selain untuk pengamanan jalur mudik, polisi juga disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya konflik sosial.

Kapolres Garut AKBP Arif Budiman, didampingi Kabag Ops Polres Garut, Kompol Liman Heryawan, menegaskan, untuk pengamanan jalur mudik Lebaran tahun ini (2016) pihaknya mengerahkan 999 anggota kepolisian.

“Ya, sekitar 60 persen personel akan ditempatkan di jalur Limbangan – Malangbong, dan Kadungora – Leles – Cilawu. Sedangkan sisanya sebanyak 40 persen, akan ditempatkan di wilayah selatan Garut.” Tandasnya.

Dikatakannya, pengamanan di wilayah selatan Garut akan mendapatkan perhatian khusus, sehingga ada tambahan personel dari Polda Jawa Barat sebanyak satu SSK Brimob. Pengamanan di wilayah selatan dititik beratkan di sektor pariwisata dan antisipasi gangguan ketertiban serta keamanan masyarakat.

“Ketatnya pengamanan yang dilakukan di kawasan selatan Garut karena adanya berbagai pertimbangan. Pertama, penempatan ratusan personel itu bertujuan untuk mengantisipasi karena banyaknya tempat wisata di kawasan tersebut. Kedua, keberadaan petugas juga diharapkan bisaa mengantisipasi terjadinya konflik sosial yang tentunya diharapkan tidak jadi masalah pidana.” Beber Kabag Ops, Polres Garut, Kompol Liman Heryawan, usai gelar pasukan di Mapolres Garut, Kamis (31/06/2016).

Masih menurut Liman, di sepanjang jalur mudik di wilayah hukum Polres Garut, terdapat 168 pos gatur dan 13 pospam. Satu pos terpadu ditempatkan di Lapangan Limbangan dimana di pos tersebut pemudik juga disediakan tempat untuk beristirahat. Jalur Limbangan – Malangbong merupakan jalur utama yang menghubungkan Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis hingga Jawa Tengah sehingga akan banyak dilintasi pemudik.

“Kabupaten Garut lokasinya berada di tengah-tengah. Hal ini mengakibatkan para pemudik bisa melintasi Garut dengan menggunakan jalur utara. Diantaranya Limbangan – Malangbong dan juga jalur selatan via Kadungora – Leles – Cilawu, kemudian memasuki Kabupaten Tasikmalaya,” jelasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN