Ramadhan Belum Tiba, Harga Komoditas Sayuran Mulai Naik Hingga 30 Persen

CIAWITALI,(GE).- Bulan susi Ramadhan masih beberapa minggu lagi, namun harga sejumlah komditas sayuran mulai merangkak naik. Di Pasar Guntur Ciawitali Garut, para pedagang sayurang mengaku kenaikannya mencapai 30 %.

Walau sejumlah komoditas sayuran naik, namun untuk harga daging sapi dan daging ayam terpantau masih stabil. Para pedagang memperkirakan kenaikan harga daging sapi dan daging ayam akan terjadi sepekan jelang bulan Ramadan.

Solih (41), salah seorang pedagang sayuran mengatakan untuk harga bawang putih, cabai tanjung, cabai gendot dan kentang sudah mengalami kenaikan sejak tiga hari lalu. Sedangkan harga tomat dan menurun.

Menurutnya, harga bawang putih naik Rp 3.000 dari Rp 28 ribu menjadi Rp 31 ribu per kilo. Kentang dari Rp 7.000 menjadi Rp 9.000 per kilo. Sedangkan harga bawang merah masih di kisaran Rp 19 ribu sampai Rp 20 ribu per kilo gramnya.

“Cabai tanjung juga naik Rp 4.000. Dari asalnya Rp 20 ribu sekarang jadi Rp 24 ribu. Cabai gendot yang paling drastis kenaikannya. Dari Rp 15 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilo,” ungkapnya, Selasa (17/5/2016).

Selain dampak dari menjelang Ramadhan, kenaikan ini juga dipicu denganj minimnya pasokan barang. “Tomat dan kol yang sekarang lagi turun harga. Tomat dari Rp 8.000 jadi Rp 5.000 per kilo. Kalau kol dari Rp 5.000 jadi Rp 4.000,” ujarnya.

Enung (43), pedagang daging ayam menjelaskan jika harga daging ayam belum terlalu mengalami peningkatan. Saat ini harga daging ayam per kilonya sebesar Rp 30 ribu. Sebelumnya harga daging ayam berada di kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 27 ribu per kilo.

“Masih stabil kalau harganya Rp 30 ribu. Tapi biasanya tiga hari mau puasa harga sudah mulai naik. Pasokan barang juga lancar,” kata Enung.

Harga gula merah dan gula pasir di Pasar Ciawitali juga belum mengalami penurunan. Harga gula merah dan gula pasir berada di kisaran Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu per kilo dari harga sebelumnya Rp 14 ribu. Sementara harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp 110 ribu per kilo gramnya. (Tim GE)***