Pusat Konservasi Elang Disiapkan, Garut Segera Sambut Puluhan Ekor Elang Hasil Sitaan Polda Lampung

PASIRWANGI,(GE).- Pusat Konservasi Elang yang berada di kawasan Kamojang Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut sedikitnya 20 ekor hewan langka, yakni Burung Elang.

Puluhan ekor Elang ini merupakan hasil sitaan Polda Lampung. Sementara itu, prosesi penjemputan 20 ekor elang yang berhasil disita pada bulan Juli 2016 lalu ini akan dilakukan bulan ini juga. Pihak pusat konservasi bekerja sama dengan pihak BKSDA Kabupaten Garut, dijadwalkan pada tanggal 7 Agustus mendatang segera menjemput puluhan ekor Elang ke Lampung.

Menurut Zaini Rakhman, salah seorang petugas Pusat Pusat Konservasi Elang Kamojang, dari 20 ekor anak Elang ini akhirnya hanya sekitar 18 ekor saja yang segera diterbangkan ke Garut. Sementara itu, sisanya akan dijadikan sebagai barang bukti pihak kepolisian.

“Ya, dari 20 ekor, kita hanya akan membawa skitar 15-18 ekor. Setelah tiba di Garut, Elang elang ini akan langsung diperiksa kesehatannya mulai dari fisik dan test DNA. Sebelum diterbangkan ke alam bebas, elang-elang tersebut akan melewati beberapa tahap, diantaranya tahap perwatan dan observasi.” Ungkapnya.

Dikatakannya, pemahaman masyarakat akan hewan-hewan langka dan dilindungi oleh negara mulai tumbuh di tengah masyarakat Garut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung ke pusat konservasi elang Pasirwangi. Sejak didirikan, Pusat Konservasi Elang Kamojang Garut sejak awal didirikannya pada tahun 2014 telah menerima sekitar 30 elang dari masyarakat secara sukarela.

Sobar, salah seorang warga Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, daerah ini merupakan wilayah perbatasan Garut-Bandung. Sebagai wujud kepeduliannya akan hewan langka ini, beberapa hari yang lalu ia menyerahkan elang yang tak sengaja ditangkapnya ke pihak Pusat Konservasi Elang.

“ Sebenarnya, saya hanya berniat untuk menangkap burung-burung kecil disekitar hutan Kamojang. Namun, saya kaget ketika melihat seekor elang terperangkap dalam jebakan yang saya buat.” Tuturnya.

Pihak pengelola Pusat Konservasi Elang Kamojang menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang menyimpan hewan dilindungi ini, untuk menyerahkan elang ke pihak yang terkait, itu dilakukan untuk menyelamatkannya dari kepunahan. Jenis Elang Jawa saat ini populasinya diperkirakan hanya sekitar 300- 500 ekor saja. (Hakim Abdul Ghani).***