Pungli Salangsatu Penyebab Kemacetan di Jalur Mudik, Kapolres: Kita Akan Fungsikan Resmob

Kapolres Garut, AKBP Novri Turangga./ Foto: Andriawan/GE.

GARUT,(GE).- Tradisi mudik setiap tahunnya menjadikan volume kendaraan meningkat. Selain itu, marapaknya pasar tumpah dan pungutan liar (Pungli) di beebrapa jalur mudik juga menjadi faktor lain pemicu kemacetan.

“Selain peningkatan volume kendaraan dan keberadaan pasar tradisional, kemacetan di jalur mudik juga disebabkan maraknya pungli jalanan,” ujar Kapolres Garut, AKB.Novri Turangga,Selasa (13/6/17).

Dikatakannya, aksi pungli jalanan ini berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas, terlebih di saat musim musim mudik. Menanggapi persoalan tersebut, Kapolres menegaskan akan menyebar anggotanya di beberapa titik yang rawan aksi pungli.


“Kita akan kedepankan fungsi Resmob untuk menyikapi aksi kriminaitas, termasuk mengatasi maraknya pungli,” tandasnya.

Dijelaskannya, untuk mnghadapi arus mudik lebaran tahun ini (2017), pihaknya akan mengusulkan penjadwalan cara bertindak (CB) one way dalam mengurai kemacetan.

“Menurut saya, CB one way tidak efektif karena harus menunggu terlebih dahulu ekor kendaraan di salah satu titik tertentu. Namun CB one way itu merupakan salah satu solusi sebagai pengurai kemacetan yang selama ini terjadi di sejumlah ruas jalan di Garut,” ungkapnya.(ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI