Prosesi Ruwatan Budaya Menandai Diresmikannya “Tebing Cinta Cikarag”

Kelompok seni Karinding Naratas asal Sukalilah Cibatu, saat melakukan prosesi ruwatan di puncak gunung Cipeundeuy, Kecamatan Malangbong, Garut, Minggu (3/2/17)/ foto: TAF Senopati/GE.

GARUT, (GE).-  Dibawah kelompok seni Karinding Naratas asal Sukalilah Cibatu , melalui prosesi ruwatan budaya, destinasi wisata baru panorama alam  gunung Cipeundeuy diresmikan. Tampak hadir dalam kegiatan itu para pejabat desa Cikarag, kepala desa beserta perangkatnya, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda tak ketinggalan komunitas pencinta alam sekaligus penggagas Jatiareuy Selfie Cobra ( JSC) Ahmad  yang akrab dipanggil Cobra bersama Ofus dan Angga.

Cobra memaparkan, dibangunna objek wisata ini terinspirasi dari kepedulian organisasi komunitas pecinta alam yang ada di Malangbong dibawah asuhan pemuda bernama Ofus.  Mereka melihat  tersimpan potensi alam luarbiasa .

“Di puncak gunung Cipeundeuy  di ketinggian 1600 Mdpl  tampak keindahan panorama alam yang sungguh luar biasa,” ujarnya, disela-sela ruwatan, Minggu, (3/9/17).


Menurut Cobra, Jati Areuy Selfie Cobra (JSC) Gunung Cipeundeuy, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, bisa dijadikan salah satu tujuan wisata bagi mereka penyuka selfie.  Dengan berbagai fasilitas serta pemandangan asri, tempat ini cocok untuk berdarmawisata.

“Untuk menuju lokasi ini para pengunjung bisa melalui jalan beraspal melewati Kantor Desa Cikarag dengan jarak tempuh kurang lebih 2 km. Di sini bisa berselfie dengan latar belakang pemandangan alam yang ada di bawah gunung. Banyak pilihan tempat berfoto, diantaranya Rumah Pohon, Tebing Cinta dan lain lainnya,” jelas Cobra.

Sementara itu, salah satu ‘arsitek’ tebing Cinta, Ofus mengungkapkan, ia seolah keranjingan pada alam. Maklum saja, ia sudah bergelut dalam aktivitas pelestarian alam di hampir sepanjang hamparan gunung Cakrabuana. “Kita bersyukur bersama Cobra akhirnya mendapat dukungan penuh dari pemerintah Desa Cisitu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikarag, Dudung Abdurahman, mengatakan keberadaan JSC ini merupakan salah satu program rencana desa wisata yang sedang digalakan oleh pemerintah Desa. Salah satunya wisata JSC di puncak Gunung Cipeundeuy.

“Sejak saat ini pemerintah Desa Cisitu meresmikan keberadaan JSC di Tebing Cinta untuk dikelola oleh Ahmad, dan Ofus selaku penggagas wisata alam yang ada di puncak Gunung Cipendeuy,” ungkapnya.

Dijelaskannya, di kawasan tersebut akan dibangun tempat wisata lainnya sebagai pendukung diantaranya area ketangkasan Domba Garut, tempat kemping dan rumah makan.

“Kita berharapk keberadaan tempat wisata ini bisa menunjang pendapatan bagi masyarakat sekitarnya serta PAD Desa Cikarag sendiri, sebagai unit usaha badan Usaha milik Desa, ”pungkas Dudung. (TAF Senopati) ***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI