Program Creative YSTC Tingkatkan Soft Skill Kaum Muda

Panitia dan peserta Program Creative YSTC berfoto bersama usai prosesi penutupan di Hotel Tirtagangga, Cipanas, Garut, Kamis (18/01/2018)/ foto: Rangga/GE.

GARUT,(GE).- Sebagai upaya meningkatkan akses ketenagakerjaan di Kabupaten Garut, dengan dukungan Uni Eropha, Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC)  bekerjasama dengan Yayasan Bina Sejahtera Indonesia  (BAHTERA) sejak bulan Februari 2015- Januari 2018 menggelar di dua tempat, Sukabumi dan Garut.

Dalam rentang waktu tersebut, YSTC  telah melatih 908 orang pemuda dengan keahlian soft skill melalui  program Creative. Program Creative yang digagas Yayasan Tunas Cilik tersebut secara resmi ditutup di Hotel Tirtagangga, Cipanas, Garut, dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Garut,  Helmi Budiman, Kamis (18/01/2018).

Menurut manajer YSTC, DR, dr. Sriprahastuti, MMPH,  program Creative bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan, dan memberi skill kepada para remaja agar berhasil menghadapi masa transisi menjadi pribadi yang dewasa.


Sementara itu, Bupati Garut, Helmi Budiman menyampaikan apresiasinya dengan program Creative yang digagas Yayasan Sayangi Tunas Cilik . Ia berharap, dengan pelatihan sof t skill, para pemuda bisa melatih kedispilinannya.

“Di Garut banyak pemuda yang mempunyai bakat kerja dan skill yang bagus.  Tapi pribadi pemuda itu sendiri kadang-kadang membuatnya tidak berkembang, disebabkan kurangnya kedisiplinan kerja, dan rasa malas, cuek pInpilan. Hal itu harus diperbaiki dengan pelatihan soft skill. Dengan adanya program Creative dari YSTC saya sangat mengapresiasi dan  mendukung, ” ungkap Helmi, saat memberikan sambutannya.

Wabup menambahkan, manfaat dengan adanya program Creative dari YSTC diharapkan dapat meminimalisir angka pengangguran di Kabupaten Garut.  “Dengan pelatihan peningkatan  (soft skill) kesiapan kerja, terutama bagi orang muda terpinggirkan bisa teratasi. Serta dengan program ini para pemuda mendapatkan kemudahan untuk akses kerja dan wirausaha,” katanya. (Rangga)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI