PPSP Peduli Bersama Anton Galuma, Santuni Lansia dan Fakir Miskin di Keheningan Malam

BERJALAN di keheningan malam, menyusuri trotoar di sepanjang Kota Garut,sekelompok remaja dari Paguyuban Putra Sanghyang Padjajaran (PPSP) bergerak melakukan aksi peduli pada sesama. Mereka, para pemuda kretaif ini memberikan sumbangsing positifnya untuk kaum yang kurang beruntung.

Di keheningan malam itulah mereka menebar santunan kepada sejumlah pemulung, gelandangan dan dan juru fakir miskin di sepanjang jalan protokol kota Garut. Beberapa paket nasi bungkus dan sembako diberikan kepada yang membutuhkan.

Aksi peduli yang dilakukan sekelompok pemuda ini telah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir. PPSP dibawah kepemimpinan Anton Galuma melakukan agenda rutin ini setiap malam Jumat.


Anton mengatakan, fokus utama dari kegiatan sosial yang dilaksanakan paguyubanya itu adalah wujud berbagi kasih dengan sesama saudara yang kurang beruntung.

” Ya, sudah beberapa kali kita lakukan gerakan berbagi peduli dengan turun langsung setiap malam Jumat. Kita langsung menjumpai mereka di sekitar area perkotaan Garut. Pemulung, pengamen, gelandangan dan beberapa tukang becak, kita temui dan bantu melalui donasi yang kita kumpulkan dari anggota paguyuban.” Tutur Anton.

Dijelaskannya, untuk menyantuni kelompok lansia, difokuskan dengan cara menemui secara langsung di wilayah pedesaan, baik berdasar sumber pelaporan maupun hasil pendataan anggota paguyuban langsung di lapangan.

“Khusus untuk para lansia yang membutuhkan, kami sediakan tidak hanya paket sembako. Ada juga bantuan alat kesehatan seperti kacamata, tongkat, dan alat bantu pendengaran,” Kata Anton Galuma didampingi koordinator paguyuban, Japar Khoer, (9/12/2016).

Hingga saat ini tercatat puluhan lansia di dua desa yakni Situgede dan Linggamukti sudah menerima manfaat dari gerakan peduli dibawah Paguyuban Putra Sanghyang Padjajaran ini.

Pihak paguyuban sendiri menyatakan terbuka menerima informasi dari wilayah manapun bila ada warganya atau lansia yang membutuhkan uluran tangan.

“PPSP berkomitmen untuk meringankan beban sesama saudara yang kurang beruntung. Kami sudah terbentuk 20 cabang kepengurusan. Bagi warga Garut yang menginginkan informasi lengkap terkait kegiatan sosial ini, silahkan bisa datang ke sekretariat kami di Kampung Bongkor, Desa Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Garut. Atau langsung menghubungi nomor telfon 085223470601,” ungkap Japar Khoer. (Doni Melody Surya)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI