Posisi Sekda Masih Aman, 14 Camat Terancam Diturunkan

BUPATI Garut, Rudy Gunawan, SH, MH, MP.***

GARUT, (GE).- Meski sudah menjabat lebih dari lima tahun, namun posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut yang diduduki, Iman Alirahman dipastikan aman hingga tahun 2019. Kepastian itu disampaikan Bupati Garut Rudy Gunawan usai menghadiri acara pembukaan sosialisasi gerakan masyarakat sehat di Pendopo.

“Pa. Iman akan masih menjadi Sekda sampai 1 Juli 2019. Patokan saya ke situ aja,” ujar Bupati, Selasa (01/8/17).

Jadi sampai saat ini, kata Rudy, jika ada isu telah melakukan penjaringan itu tidak benar. Pasalnya, jabatan Sekda masih panjang.


Menurut hemat Rudy, kinerja Sekda dinilai sangat baik. Apa lagi beberapa prestasi seperti penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mampu diraihnya saat Iman menjabat.

Namun menurutnya, bisa saja jabatan Sekda akan ada pergantian jika yang bersangkutan mengundurkan diri. Namun sampai saat ini dirinya belum menerima surat pengunduran diri dari Iman Alirahman.

“Sampai saat ini belum ada penjaringan. Bahkan calon pengganti dari dalam pun belum ada yang muncul,” katanya.

Rudy menginginkan, siapa pun calon Sekda yang akan menggantikan posisi Iman Alirahman harus orang yang memiliki kompetensi di tingkat provinsi. Tujuannya agar bisa bekerjasama dengan baik dengan pucuk pimpinan di Garut.

Jika posisi Sekda telah dinyatakan aman, lain halnya dengan posisi 14 camat yang dalam waktu dekat akan dievaluasi oleh bupati. Bahkan bupati mengatakan akan memberhentikan camat yang bersangkutan jika tak memenuhi target dan tidak menempuh jenjang pendidikan yang telah ditentukan.

“Salah satu camat yang sedang dievaluasi yaitu Kecamatan Cikajang. Masih banyak lagi camat lainnya. Pokoknya tak kurang dari 14 Camat,” ungkapnya.

Dari 14 Camat yang dievaluasi nantinya akan ada yang diturunkan atau dilakukan pembinaan. Camat yang akan dievaluasi merata di 42 kecamatan termasuk yang ada di wilayah perkotaan.

Selain itu, jabatan Kepala Dinas pun tak luput dari evaluasi besar-besaran yang dilakukan oleh Rudy Gunawan. Setelah Kadisdik yang diberhentikan akan ada Kadis lain yang dievaluasi. Termasuk Kadis yang sudah menjabat lebih dari tiga tahun. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI