Polisi Berlakukan Car Free Night, Ini Alasannya

KOTA, (GE).- Pergantian Tahun 2015 ke tahun 2016 membuat ribuan aparat dari kepolisian dan TNI disiagakan di Garut. Untuk membuat suasana perayaan di pusat kota aman dan nyaman, Polres Garut memberlakukan Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Mulai pukul 19.00, semua kendaraan tidak bisa melintas jalan tersebut. Diperkirakan pada malam perayaan tahun baru, ribuan warga akan memadati kawasan Alun-alun Garut.

Kabag Ops Polres Garut, Kompol Wira Sutriana, menuturkan rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan di titik-titik kerumunan masa. Khusus untuk di wilayah perkotaan, pihaknya memberlakukan CFN.

“CFN akan dimulai sejak pukul 19.00 sampai wilayah alun-alun kosong. Kami sudah menyiapkan sebanyak 600 personil untuk pengamanan tahun baru di Garut,” ujar Wira di halaman Pendopo Garut, Kamis (31/12/2015).

Selain di perkotaan, lanjut Wira, wilayah Kadungora dan Leles juga menjadi titik kemacetan. Arus kendaraan dari luar kota banyak yang melalui jalur tersebut. Ditambah terdapat penyempitan jalur.

“Jalur ke tempat wisata juga kami siapkan personil. Kawasan Cipanas diprediksi akan banyak dikunjungi,” katanya. Farhan SN***