PNS Nekad Mencuri Tas, Motifnya Bikin Hati Semua Pria Meleleh

HA (41) saat dimintai keterangan di Mapolsek Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (28/7/17).*

SEORANG Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat sebagai Staf Tata Usaha di Puskesmas Karangmulya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat menjadi amukan massa setelah mencuri tas milik warga di Masjid RSUD dr. Slamet Garut. Guna menghindari amukan massa yang semakin brutal, jajaran Polsek Tarogong Kidul mengamankan pelaku guna dimintai keterangan.

Pelaku pencurian yang diketahui berinisial HA (41), mengaku dirinya terpaksa mencuri tas milik salah seorang warga di Masjid RSUD dr. Slamet Garut karena lilitan utang. Tadinya, kata dia, tas yang diambilnya akan dijual hanya sekadar untuk menyambung kebutuhan hidup.

“Terus terang saja pa, untuk biaya hidup keluarga saja saya kewalahan. Malahan untuk makan hari ini saja saya bingung. Belum lagi saya punya utang yang sudah jatuh tempo. Jadi saya terpaksa melakukan perbuatan ini,” ujar HA saat dimintai ketarangan di Mapolsek Tarogong Kidul, Jumat (28/7/17).


Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Hermansyah, mengatakan, HA nekat mencuri lantaran butuh uang untuk kebutuhan keluarga dan menutupi utang. Berdasarkan hasil pemeriksaan, meski HA tercatat sebagai PNS namun gajinya sudah defisit.

“Dia bilang gajihnya tidak cukup untuk membayar utang yang harus segera ia lunasi. Untuk itu, dia mengaku terpaksa mencuri,” katanya.

Meski perbuatan HA dilakukan demi keluarganya, namun akibat perbuatannya ia harus mendekam di sel tahanan Polsek Tarogong Kidul. HA dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Dari tangan tersangka, Polisi mengamankan barang bukti yaitu sebuah tas selendang berwarna hitam yang berisi sebuah telepon genggam, dua buah topi, serta dompet yang seluruhnya milik korban. Sebuah seragam PNS juga ikut diamankan sebagai barang bukti. (Memphis)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI