PKL di Sekitar Pemkab Garut Dibersihkan, Ternyatanya Hanya Sekadar Pencitraan

SUASANA di Jalan Terusan Pahlawan tampak lengang dan tak ada yang berjualan karena akan dilakukan penilaian, Senin (18/9/17).*

GARUT, (GE).- Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mendadak bersih. Kondisi tersebut membuat heran sejumlah pengguna jalan di Jalan Patriot dan Jalan Terusan Pahlawan. Namun setelah ditelisik penertiban tersebut hanya sementara untuk kepentingan penilaian.

“Aya naon nya jalan asa jadi beresih jeng euweh pedagang?” tanya salah seorang pengguna jalan di depan Kantor BKD Garut, Agus Somantri (49), Senin (18/9/17).

Agus mengatakan, biasanya jalan di sekitar Pemkab Garut kerap terjadi kemacetan karena bahu jalan habis digunakan para pedagang. Bahkan trotoar pun sudah tak bisa digunakan lagi untuk pejalan kaki.


“Kalau seperti ini terus memang enak. Namun sampai kapan ini akan bertahan,” ujar Agus.

Meski sebagian besar pedagang memilih untuk berhenti berjualan, namun masih saja ada beberapa orang yang membandel. Mereka memaksa berjualan meski sudah dilarang hanya untuk hari itu saja.

“Dapur kan harus tetap mengepul, kalau saya tidak berjualan keluarga mau makan dari mana? Memang khusus untuk hari ini para pedagang dilarang untuk berjualan. Alasannya akan ada penilaian,” ujar salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya.

Ia mengaku, beberapa hari yang lalu, ada petugas Satpol PP yang memberi tahu dilarang berjualan khusus di hari ini. Sehingga banyak pedagang yang mentaati larangan yang telah disampaikan petugas Satpol PP. Tapi ia mengaku memilih untuk tetap berjualan karena keterpaksaan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Garut, hari Senin (18/9/17) ada penilaian dari Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional. Dalam agendanya, tim akan berkunjung ke Kantor BAPPEDA Garut tepatnya di Jalan Patriot. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI