Pilkada Garut, Pendaftaran Agus-Adit Diterima KPU Tapi Ditolak Panwaslu

GARUT, (GE).- Proses pendaftaran pasangan calon Bupati Garut Agus Hamdani dan wakilnya Pradana Aditya Wicaksana berlangsung alot. Sempat ditolak dua kali penyerahan dukungan partai, akhirnya pendaftaran Agus-Adit diterima KPU Garut setelah proses pendaftaran sempat ditunda.

Penundaan penerimaan pendaftaran Agus-Adit terletak pada SK dari Partai Hanura yang tidak ditandatangani oleh Sekjen. Dalam SK dari Partai Hanura hanya ditandatangani ketua umum dan wakil Sekjen.

“Saya tetap berpegang teguh pada PKPU 15 tahun 2017 perubahan PKPU 3. Tidak bisa secara administratif,” ujar Ketua Panwaslu Garut, Heri Hasan Bisri, Rabu (10/1/18).


Heri menandaskan, persoalan ini jadi temuan Panwaslu yang akan diteruskan ke DKPP. Menurutnya KPU Garut tak melakukan sistem administrasi yang baik berdasarkan PKPU.

Sementara itu, Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi, menandaskan KPU telah menerima pendaftaran pasangan Agus-Adit. Pasalnya tandatangan yang dilakukan Wasekjen Hanura sudah mendapat persetujuan Ketua umumnya. Jadi tak mengurangi keabsahan dukungan dari Partai Hanura.

“Tadi saya sudah koordinasi dengan KPU pusat terkait dukungan partai yang ditandatangani oleh Wasekjen. Secara resmi dukungan dari Partai Hanura telah diterima,” ucapnya.

Selanjutnya, ujar Hilwan, KPU akan melakukan verifikasi faktual terkait dukungan gabungan parpol pengusung.

“Yang di verifikasi faktual itu, mulai dari SK dukungan parpol yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen, perjanjian bersama parpol hingga yang lainnya,” tandas Hilwan.

Setelah verifikasi faktual terang Hilwan, pada tanggal 12 Februari pengumuman pasangan calon. Dan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut yang akan berlangsung pada 13 Februari dan 15 Februari dimulai tahapan kampanye.

Ketidak sepakatan kedua penyelenggara pemilu itu mengakibatkan berita acara penerimaan berkas pendaftaran tidak ditandatangani oleh Panwaslu Garut. Bahkan Panwaslu mengaku akan melaporkan temuannya itu ke DKPP.

Usai melakukan pendaftaran, pasangan calon bupati dan wakil bupati Agus Hamdani- Pradana Aditya Wicaksana sempat menjelaskan pokok permasalahan dukungan dari Hanura. Menuruy Agus Hamdani, sebenarnya dukungan dari PPP dan PAN saja sudah cukup untuk pasangannya melenggang di Pilkada Garut. Namun tentunya akan sangat disayangkan kalau dukungan dari Hanura tidak bisa terakomodir hanya gara-gara urusan sepele.

“Hanura kan sudah mantap mendukung kita. Persoalannya hanya tandatangan yang diwakilkan. Itu pun sudah ada keterangan dari ketua umum,” ucap Agus.

Agus berharap, persoalan ini bisa tuntas tanpa menimbulkan ekses yang berkepanjangan. Sehingga ia bisa memenangkan Pilkada Garut tanpa ada sandungan persoalan administratif. (Farhan SN) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI