Pilkada Garut, Hasil Sementara “Real Count” 78 Persen Suara Versi Situng KPU

GARUT,(GE).- Proses penghitungan suara hasil Pilkada Garut 2018 terus dilakukan KPU Garut. Data yang diperoleh berdasarkan hasil Situng KPU, Paslon nomer urut 1 masih memimpin dengan perolehan suara 35,01 persen. Disusul oleh Paslon nomer urut 2 yang meraih 33,40 persen suara. Sementara Paslon 3 meraih 10,07 persen dan Paslon 4 meraih 20,85 persen.

Namun dari data yang berhasil dihimpun tren raihan suara Paslon nomer urut 1 terus menurun. Sementara tren raihan suara Paslon nomer urut 2 terus naik. Sementara Paslon 3 dan 4 cenderung stagnan.

Data tersebut bisa dilihat pada penghitungan suara masuk di angka 37 persen. Saat itu petahana meraih suara 36,29 persen. Sementara Paslon nomer 2 meraih 31,93 persen.


Saat ini suara sudah masuk 78 persen. Hasilnya, Paslon nomer urut 1 masih memimpin dengan perolehan suara 35,01 persen. Disusul oleh Paslon nomer urut 2 yang meraih 33,40 persen suara.

Itu berarti, persentase raihan suara petahana menurun sebesar 1,08 persen. Sementara Paslon nomer urut 2 mengalami kenaikan sebesar 3,92 persen.

Sementara perhitungan suara masih menyisakan 22 persen. Itu artinya peluang kemenangan untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati dari Paslon 1 dan Paslon 2 masih terbuka. Karena hanya terpaut 1,69 persen dari suara yang tersisa.

Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi mengatakan, real count akan diselesaikan sekarang. Informasi hasil Pilkada Garut bisa diakses di www.situng.kpu.go.id datanya akan terus di-update.

Namun menurutnya hasil real count ini bukan pegangan resmi. Pasalnya proses resminya harus melalui rapat pleno.

“Rapat pleno yang resmi jadi pegangan. Namun hasil real count ini tentu berdasarkan form C1 yang datanya resmi dari tiap TPS,” ungkapnya.

Ia meyakini tidak akan terjadi silang pendapat jika sumber data yang digunakannya sama.

Menurutnya proses perhitungan dari format C1 ini mengalami keterlambatan disebabkan ada kendala pengiriman logistik. Selain itu, proses penghitungan hasil suara pun didahulukan untuk pemilihan gubernur.

“Jadi datanya agak sedikit lambat. Tapi akan selesai malam ini,” pungkasnya. (MHI)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI