Petugas Sampah Kewalahan, Sebanyak 180 Ton Sampah Setiap Hari Dibuang ke TPA

GARUT, (GE).- Volume sampah di Kabupaten Garut tiap harinya kian bertambah. Sebanyak 180 ton sampah tiap harinya diangkut dari enam kecamatan di Garut, Jawa Barat.

Kabid Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Garut, Gungun Gumbirawan, menyebutkan saat ini baru ada enam kecamatan di wilayah Garut yang sampahnya tercover oleh DLHKP. Enam kecamatan tersebut berada di kawasan perkotaan yaitu Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Karangpawitan, Banyuresmi, dan Wanaraja.

Diterangkannya, setiap harinya, tonase sampah yang diangkut dari enam kecamatan untuk dibawa ke TPAS Pasirbajing mencapai 180 ton atau sekitar 600 kubik. Jumlah yang diangkut itu disesuaikan dengan kemampuan daya angkut armada milik DLHKP.


Selain berasal dari masyarakat, sampah tersebut juga berasal dari sejumlah tempat lainnya seperti pasar-pasar tradisional. Menurut Gungun, jika melihat jumlah sampah yang dibawa ke TPAS Pasirbajing ini yang mencapai 180 ton per hari ini memang terbilang sangat besar. hal ini dikarenakan di wilayah Garut hingga saat ini masih jarang ada yang melakukan pengelolaan sampah, bahkan memilah saja pun belum.

Seharusnya, tutur Gungun, masyarakat harus mulai merubah paradigma tentang sampah dimana tidak hanya dilakukan pembuangan saja tapi menjadikannya sebagai lahan usaha yang bisa menghasilkan uang. Dengan begitu maka sampah yang dihasilkan akan memberi manfaat dan juga volumenya akan berkurang.

“Sayangnya, hingga hari ini hal tersebut belum difahami oleh masyarakat banyak. Padahal seharusnya masyarakat berpikir bahwa sampah itu bisa menjadi peluang untuk menghasilkan uang,” katanya. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI