Periodesasi Diberlakukan, 70 Persen Kepsek Akan Dikembalikan Menjadi Guru

DISDIK,(GE).- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Garut, Drs H Mahmud M.MPd, menegaskan, akan ada sekitar 300 Kepala SD/SMP yang dilantik tidak lama lagi. Sementara itu, 70 persen diantaranya akan dikembalikan ke posisinya menjadi guru.

“Mereka diantaranya ada yang telah menjabat selama 3 periode, itu pasti diganti. Ada juga yang telah menjabat 2 periode, namun tidak menunjukan prestasi luar biasa,” jelasnya.

Disebutkannya, saat ini pihaknya sedang mengevaluasi kinerja kepsek, APS-nya juga jadi pertimbangan. Perbup yang merupakan turunan dari perda 11 juga sudah dibuat dan ada 11 perbup turunan dari perda tersebut.


Terkait perda 11 tahun 2011, yang tidak mengakomodir prestasi kepsek di tingkat kabupaten, Kadisdik mengatakan sedang mempertimbangkan hal itu. Karena kalau melihat di Peraturan Menteri (Permen), prestasi kepsek di kabupaten diakui, tapi di perda hanya prestasi provinsi dan nasional.

“Ini yang sedang kita pertimbangkan, namun paling tidak nanti ada keputusan bupati untuk hal ini,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang ditemui usai pelantikan kepsek SMA/SMK di aula Disdik Garut, mengatakan bahwa pelantikan akan dilakukan minggu depan. Pelantikan ini khusus untuk kepsek SD/SMP saja, karena kepsek SMA/SMK kewenangannya akan diambil alih oleh provinsi di tahun depan. Adapun parameternya, yakni perda 11 tahun 2011.

“Rencananya minggu depan akan kita lakukan, kalau tidak ada halangan. Rencana memang di bulan September. Namun karena ada bencana banjir bandang kemaren, kan tidak etis kalau pemda malah mengurus pelantikan sekarang ini,” ujar Rudi.

Ditambahkannya, untuk pelantikan kepala SMA/ SMK kewenangannya sudah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi mulai awal Oktober 2016. (Dief).***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI