Peringati HUT RI ke 71, Bendera Sepanjang 1.200 Meter Terbentang di Leles Garut

LELES, (GE).-  Banyak cara unik dalam menyambut dan memeriahkan HUT-RI ke 71. Upaya membuat hal spektakuler kali ini dilakukan oleh masyarakat Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kreasi mereka kali ini berupa Bendera merah putih sepanjang 1.200 meter dengan lebar 120 sentimeter.

Ratusan warga mengarak bendera dari Kantor Desa Sukarame sekitar pukul 07.30, menuju Alun-alun Leles yang berjarak sekitar tiga kilometer. Warga sekitar pun sangat antusias melihat bendera yang sangat panjang itu.

Kepala Desa Sukarame, Asep Basir, mengatakan ide pembuatan bendera itu sebagai rasa kecintaan kepada negara. Apalagi Kecamatan Leles sudah dikenal sebagai sentra kerajinan bendera merah putih sejak dulu.

“Butuh waktu satu bulan untuk membuat benderanya yang dibuat oleh warga di satu kampung. Yang bawa benderanya saja sampai 700 orang lebih,” ujar Asep di Alun-alun Leles usai upacara peringatan hari kemerdekaan, Rabu (17/8/2016).

Biaya pembuatan bendera yang mencapai Rp 12 juta, tutur Asep, berasal dari swadaya warga Desa Sukarame. Warga di desanya, diakui Asep ingin melahirkan kreativitas saat perayaan hari kemerdekaan.

Setelah diarak bersama berbagai kreasi unik dari desa desa lain di kecamatan tersebut, bendera panjang tersebut rencananya akan diserahkan kepada Bupati Garut Rudy Gunawan oleh Kepala Desa Sukarame bersama pejabat Muspika Kecamatan Leles pada siang harinya. (Slamet Timur). ***