Peringati Hari Lingkungan Hidup Internasional, Fikom Uniga Gelar Aksi Bersih-bersih

KOTA,(GE). – Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Garut (Uniga) menggelar aksi bersih-bersih di sepanjang Jalan. A. Yani, Garut kota, Minggu (05/06/ 2016).

Aksi simpatik para masiswa ini merupakan respon positif dari kaum akademisi dalam rangka menyambut hari Lingkungan Hidup international 2016. Aksi bersih-bersih ala mahasiswa ini dilaksanakan di sepanjang utama Garut kota, mulai dari Alun-alun Garut hingga perempatan Pengkolan di sela program acara rutin Cars Freeday.

Ketua Pelaksana Aksi Beberesih, Widi Novianti mengatakan, kegiatan tersebut selain untuk memperingati hari Lingkungan Hidup Internasional, kegiatan ini juga untuk memenuhi praktikum salah satu mata kuliah semester 6 Program studi Public Relation Fikom Uniga.

“Saya dan teman-teman tidak hanya memenuhi itu saja, ini juga adalah kesadaran dari kita sebagai generasi muda untuk melakukan kegiatan positif. Khususnya sebagai wujud wujud kepedulian pada lingkungan hidup.” Ujarnya.

Diungkapkannya, kesadaran masyarakat terhadap lingkungan saat ini dinilai masih minim. Khusunya dalam mengelola sampah tidak maksimal, sehingga berdampak pada lingkungan.
“Untuk mengatasi hal tersebut harus dimulai dengan kebiasaan sederhana seperti aksi beberesih ini.” Tandasnya.

Dalam “Aksi Beberesih” ini istri Bupati Garut, Diah Kurniasari turut serta hadir untuk memberikan dukungannya terhadap aksi para mahsiswa. Acara bersih-bersih ini juga bekerja sama dengan DLHKP Garut, Polres Garut dan UKM Pencinta Alam Univesitas Garut.
Diah mengatakan, bahwa kebersihan Garut adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat.

“Mudah-mudahan Aksi Beberesih ini ada perhatian dari semua dinas, khususnya untuk Dinas Lingkungan Hidup. Untuk 2020 Indonesia bebas sampah, Insya Allah Garut harus siap. Tapi saya merasa pesimis, sebagaimana kita tahu bahwa sampah plastik yang ada di Indonesia ini produksinya sangat banyak. Mudah-mudahan banyak kesadaran dari masyarakat Indonesia khususnya Garut bahwa kebersihan itu sebagian dari iman,” ungkap Diah.

Sementara itu, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Uniga, Rosanti Utami D.Sy, S.Sos. M.Ikom., menyebutkan, kegiatan ini salah satunya untuk melatih mahasiswa agar peka terhadap isu-isu sosial.

“Ya, kita sengaja mengangkat hari lingkungan hidup ini. Karena lingkung hidup sekarang jadi perhatian utama, bagaimana sampah menjadi masalah besar saat ini, ” tandasnya.

(Sidqi Al Ghifari)***