Periksa Kesehatan Ditanggung KPU, RSHS Bandung akan Tentukan Lolos Tidaknya Kontestan Pilkada Garut 2018

GARUT,(GE).- Setelah lolos seleksi adminitrasi dalam pendaftaran, para bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada Garut 2018, para bakal calon masih harus melalui tahapan yang tak kalah penting, yakni tes kesehatan.

Menutut Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi, seluruh biaya pemeriksaan kesehatan enam pasangan peserta Pilkada Garut akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Semua biayanya sendiri ditanggung pihak KPU.

“Seluruh biaya pemeriksaan enam pasangan calon ini semuanya ditanggung oleh KPU,” kata Ketua KPU Garut, Hilwan, saat diwawancarai sejumlah awak media, Kamis (11/01/2018).


Dijelaskannya, pemeriksaan kesehatan pertama untuk para peserta pilkada tersebut meliputi tes urine, rontgen paru-paru, dan pemeriksaan kejiwaan.  Kemudian pemeriksaan berikutnya seperti syaraf, termasuk jantung.

Terkait besaran biaya pemeriksaan kesehatan yang ditanggung KPU Garut itu, Hilwan mengaku tidak tahu berapa jumlahnya.  “Besarannya ada, tapi saya tidak hapal berapa besarnya, yang jelas biaya pemeriksaan dianggarkan oleh KPU,” katanya.

Dikatakannya, seluruh bakal calon wajib mengikuti tahapan berikutnya yakni pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung. Pemeriksaan kesehatan ini menjadi syarat bakal calon sebelum nanti akhirnya ditetapkan sebagai calon. KPU Garut sendiri nantinya  akan menerima rekomendasi dari tim medis terkait hasil pemeriksaan kesehatannya.

“Jadi nanti tim dokter yang akan merekomendasikan boleh dan tidaknya calon ikut pilkada, KPU hanya menerima rekomendasinya bukan hasil pemeriksaan,” tandasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI