Perda Utilitas Perumahan Siap Bikin Terobosan

Irwandani, M.Si, SIP (Wakil Ketua Pansus DPRD Garut)

DEWAN, (GE).- Panitia Khusus DPRD Garut tengah menggodog pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyerahan Sarana Prasarana dan Utilitas Perumahan. Sesuai rencana, Raperda ini akan segera disahkan September bulan depan.

“Dari 155 perumahan yang ada di Kabupaten Garut hanya ada 1 perumahan yang telah menyerahkan sarana prasarana utilitas perumahan ke Pemkab Garut. Berdasarkan informasi dari Distarkim Garut perumahan tersebut yakni perumahan Cempaka,” ungkap Irwandani, M.SI selaku Wakil Ketua Pansus, saat dihubungi di ruang kerjanya, Jum’at, (26/8/ 2016)

Menurutnya, sejumlah persoalan perumahan kerap mengemuka disebabkan selama ini tidak ada peraturan yang mengingat.“Persoalan tersebut mulai dari jalan umum, drainase, sarana sosial, ruang terbuka hijau, tempat pemakaman umum hingga pembuangan air limbah,” ucapnya.

Dalam raperda tersebut lanjut Irwandani, setiap pengembang dalam melakukan pembangunan perumahan diwajibkan menyediakan 30 persen luas lahan bagi sarana umum sesuai rencana berdasarkan dalam gambar saplen.

“Sekarang sudah ada aturannya dan raperda sedang digodog. Setiap pengembang wajib memelihara sarana prasana perumahan. Begitu juga Pemkab Garut harus turut memelihara sarana umum seperti jalan, masjid dan lainnya jika perumahan tersebut telah ditinggal oleh pengembang,” tambahnya.

Ketua Fraksi PAN DPRD Garut ini mengaku, pembahasan Raperda ini sangat penting untuk mendengar pendapat langsung dari para pengusaha seperti APSI, KADIN dan Pengurus Real Estate. Pendapat mereka sangat dibutuhkan karena mereka sebagai pelaku langsung.

“Sempat terjadi berbagai pertanyaan dari para pengusaha dalam rapat pansus tersebut. Siapa yang berhak membuat sertifikat tanah jika 40 persen luas tanah diserahkan ke Pemkab Garut,” ujarnya.

Selain itu, masih kata Irwandani, lokasi pemakaman umum dan sarana sosial turut menjadi pembahasan alot diskusi. Perda yang dirumuskan ini merupakan jawaban dari persoalan perumahan selama ini” tuturnya,” (Syamsul)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN