Percepat Pembangunan Desa, Pemkab Siap Gelontorkan Dana Miliaran Rupiah

SUASANA kegiatan sosialisasi Bankeu 2017 di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Garut, Jumat (22/7/2017)/ Foto: Useu G Ramdhani/GE.

GARUT, (GE).- Sebanyak 132 desa di Kabupaten Garut, dikhabarkan akan menerima dana miliaran rupiah. Dana tang tidak sedikit ini merupakan dana segar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Gelontoran dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mempercepat pembangunan desa yang belum tersentuh alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Jajat Sudrajat, besaran dana yang diterima masing-masing desa jumlahnya  variatif, mulai dari  Rp 7,5 Juta hingga Rp 200 juta. Dengan dana bantuan keuangan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Selain wajib menerapkan anggaran yang sesuai dengan aturan, tim pelaksana pembangunan termasuk kepala desa juga harus bisa memberdayakan dana tersebut. Dalam artian bisa menambah jumlah anggaran hasil dari swadaya masyarakat itu sendiri,” ujar Jaja, Jum’at (21/07/2017).


Sementara itu, Kasie pengelolaan keuangan dan aset desa bidang pemerintahan desa DPMD Garut, Herna Sunarya, mengatakan dana keseluruhan bantuan keuangan untuk desa tahun ini nilainya mencapai  Rp 5.192.000.000. Dana tersebut akan di gelontorkan ke 132 desa yang berasal dari 34 kecamatan. Penanggung jawab kegiatan penerapan anggaran ini sudah barang tentu oleh pihak desa.

“Sedangkan pelaksananya oleh tim pengelola kegiatan (TPK) desa yang sudah di bentuk sebelumnya. Yang harus di ingat, tidak boleh ada campur tangan pihak ke tiga dalam melaksanakan pembangunan ini.  Dalam artian murni swakelola desa. Karena dana bantuan keuangan untuk desa tersebut  langsung masuk ke rekening giro desa. Sehingga pertanggung jawabannyapun harus sesuai dengan Permendagri 113,” ungkapnya.

Salah seorang kepala desa yang mendapatkan dana bantuan desa 2017, Asep Nandang  yang merupakan Kepala Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut mengaku bersyukur dengan kucuran dana dari pemerintah ini. Diharapkannya, dengan adanya dana ini pembangunan di tingkat desa akan lebih pesat lagi.

“Alhamdulillah, bersyukur tentunya dengan adanya bantuan ini. Semoga kami bisa lebih meningkatan pembangunan desa kami. Rencananya bantuan ini akan saya gunakan untuk pembangunan kantor desa,” katanya, usai mengikuti kegiatan sosialisasi Bankeu 2017 dari pihak DPMD, Jumat (22/7/2017). Kades Asep Nandang sendiri mengaku mendapat dana bantuan sbesar Rp 125.000.000. (Useu G Ramdani)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI