Percantik Lingkungan Sekolah, Orangtua Siswa SDN 1 Citangtu Bergotong royong

SEBAGAI wujud kepedulian dan kecintaannya terhdapa lingkungan sekolah, baru baru ini sejumlah warga yang mayoritas orang tua murid SDN 1 Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut bergotong royong melakukan penataan dan pemeliharaan lingkungan sekolah. Kegiatan yang diprakarsai oleh komite sekolah SDN 1 Citangtu ini telah berlangsung sejak Selasa 31 Oktober 2017.

Gelaran kegiatan dengan dana swadaya tersebut, menurut sekertaris komite SDN 1 Citangtu,Dadan Farid Ridwan, merupakan wujud sinergitas antara pihak penyelenggara pendidikan dengan masyarakat setempat,” katanya.

“Perihal nilai nilai kepedulian di lingkungan keluarga besar SDN 1 Citangtu, Alhamdulillah partisipasinya masyarakat cukup tinggi. Termasuk upaya penataan halaman sekolah yang sekarang kita bangun melalui pemasangan paving block, dan lantai cor. Semuanya murni sebagai wujud kepedulian orang tua murid yang difasilitasi komite. Boleh dibilang juga sebagai ungkapan syukur dan rasa terimakasih karena selama ini anak anak kami sudah dididik dan dibekali ilmu ditempat ini secara gratis. Alhamdulillah, sebelumnya juga kami mendapat bantuan untuk pemagaran sekolan, ini semua buah dari pengajuan pihak sekolah,” ungkap Dadan.

Dikatakannya, tingginya partisipasi masyarakat sekitar, ditandai dengan bermunculanya berbagai bentuk swadaya. Mulai dari tenaga hingga besar anggaran yang terkumpul mencapai belasan juta rupiah. Dengan penataan halaman tersebut, diharapkannya dapat semakin meningkatkan gairah belajar mengajar. Apalagi dalam beberapa tahun ini, menurutnya grafik Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SDN Citangtu 1 cukup meningkat dengan ditandai beberapa raihan prestasi siswa.

“Melalui beberapa kali rapat koordinasi, akhirnya kegiatan penataan lingkungan sekolah ini dapat kita laksanakan. Banyak pihak terlibat, mulai tokoh hingga para pekerja dari kalangan orang tua murid. Luar biasa semangatnya, bahkan mereka bekerja hingga malam hari agar pekerjaan cepat tuntas dan segera dinikmati para murid. Kita (komite) hanya memfasilitasi saja sesuai fungsinya, yakni menggalang dana dari luar,” jelasnya.

Sementara itu, Piah S,Pd., selaku Kepala SDN Citangtu 1, mengaku terharu atas respon positif dari para orang tua anak didiknya tersebut. Dia mengangapnya hal ini sebagai kado spesial selama setahun lebih menjabat sebagai Kepala Sekolah.

” Memang sebelumnya kita sempat bicarakan keinginan untuk menata halaman sekolah ini. Nampaknya pihak komite begitu respon dan tak disangka dapat terlaksana melalui swadaya secepat ini. Alhamdulillah, saya secara pribadi mengucapkan terimakasih yang begitu besar terutama kepada para orang tua murid . Tentunya sinergi yang telah terbangun dengan baik ini akan menjadi pemicu bagi saya pribadi dan para guru untuk mencetak generasi didik yang cerdas sesuai tujuan undang undang dasar,” pungkasnya. (Doni Melodi Surya)***

Editor: Kang Cep.