Pengguna Trotoar Terhambat Pedagang Kaki Lima

Yth. Redaksi Garut Express

Saya selaku pengguna trotoar ingin mengeluh tentang pedagang kaki lima yang berjajar di sepanjang trotoar Jalan Siliwangi, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dengan adanya pedagang tersebut, membuat saya menjadi risih dan tidak nyaman untuk menggunakan trotoar. Karena trotoar yang saya lewati menjadi lebih sempit dan hanya memiliki sedikit ruang untuk dilewati. Tak jarang saya berjalan di pinggir jalan besar, karena trotoar tersebut dipenuhi oleh pedagang kaki lima.  Sebenarnya, dengan saya menggunakan jalan besar untuk berjalan itu memicu adanya sebuah kecelakaan. Bisa saja, ketika berjalan di pinggiran  jalan, saya terserempet  mobil atau motor yang kebetulan melaju dengan kencang.

Selain itu, dengan banyaknya pedagang kaki lima, dapat memicu kemacetan di pusat kota. Karena pedagang kaki lima bukan hanya menggunakan trotoar untuk menawarkan dagangan nya,  tapi juga menggunakan pinggiran jalan besar untuk menempatkan roda dagangan. Jalan yang harusnya terlihat luas, jadi semakin sempit karena adanya para pedagang. Hal ini bukan semata-mata untuk diri saya pribadi, karena pengguna trotoar lain pun banyak yang mengalami hal itu.


Bukankah dulu sudah sempat dibangun gedung khusus untuk pedagang kaki lima? Dulu pedagang kaki lima sudah sempat dialihkan ke gedung tersebut, sehingga trotoar terasa lebih lengang. Kenapa hal tersebut tidak berlanjut sampai saat ini? Justru pedagang kali lima saat ini, malah semakin banyak. Hal tersebut membuat saya merasa tidak nyaman saat menggunakan trotoar.

Kepada Pemkab Garut saya berharap adanya respon atas keluhan yang saya buat ini. Saya juga memohon agar Pemkab Garut dapat dengan segera mengatasi masalah ini. Karena hal ini juga menyangkut kenyamanan para pejalan kaki dalam menggunakan trotoar. Apalagi daerah tersebut merupakan pusat dari kota, dimana banyak orang luar kota yang mengunjungi daerah tersebut. Selain untuk menjaga citra dari Kota Garut sendiri, dengan dialihkannya pedagang kaki lima ke gedung khusus dapat membuat Kota Garut menjadi lebih tertata rapi serta  tidak terjadi macet di pusat Kota Garut.

Rahmi Nurlatifah
Jln. Dayeuhandap No.99, RT/RW 05/01
Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut (44112).

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI