Pengelolaan Situ Bageundit Oleh Bumdes Akan Dijadikan Pecontohan

BANYURESMI, (GE).- Pemrintahan Kabupaten (Pemkab) Garut kini berencana untuk pengelolaan destinasi wisata Situ Bageundit yang berlokasi di kawasan Banyuresmi akan dikelola langsung melalui badan usaha milik desa (Bumdes).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Garut, Budi Gangan, menyebutkan, perencanaan ini setidaknya telah dibuatkan konsepnya sedemikian rupa , setidaknya renbcana ini akan terelaisasikan di tahun 2017.

“Ya, di tahun 2017 mendatang apabila anggarannya memadai dan mendukung untuk berbagai pembangunan infrastruktur pariwisata setempat. Misalnya di Situ Bagendit akan dibuatkan penginapan terapung, rumah makan terapung, joging trek,sepeda wisata, kuda wisata termasuk banana boat dan aneka permainan menarik lainnya.” Bebernya.

Dijelaskannya,dalam hal pengembangan di Situ Bagenit tersebut sepenuhnya pengelolaannya diserahkan kepada bumdes di bawah pengawasan dan pembinaan pemerintah kabupaten Garut.

“Termasuk yang membuat regulasi atau atauran pengelolaan Situ Bagendit,dan saat ini secara bertahap tengah dilakukan pengerukan dari dasar situ atau normalisasi. Dan eksploitasi yang kedalamannya akan mencapai 6 hingga 10 meter dari permukaan air. Dengan normalisasi ini diharapkan bisa menguntungkan bagi aktivitas pariwisata dan juga bagi pengairan irigasi,” jelasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN