Pemkab Garut Siapkan Klinik Khusus Pengidap HIV AIDS

KOTA,(GE).- Pengidap HIV/AIDS di Garut terindikasi meningkat. Sebagai upaya menanggulangi penyakit berbahaya ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berencana membangun Klinik Khusus HIV/ AIDS.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Garut, dr.Helmi Budiman usai membuka acara Peringatan Hari Aids Sedunia yang diselenggarakan oleh berbagai Komunitas dan LSM Peduli HIV AIDS, Minggu (6/12/2015).
” Saat ini jumlah pengidap HIV/AIDS tercatat mencapai 428 orang. Ini yang terdata, apalagi yang tidak terdata pasti lebih banyak,” ujarnya.

Helmi menegaskan, penderita HIV/ AIDS jarang ada yang terbuka terhadap siapapun. Artinya, masih banyak mereka yang terjangkit, tapi tertutup baik pada keluarga maupun pemerintah.

“Kalau kita telusuri lebih lanjut, penderita HIV di Garut akan lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Dikatakannya, upaya pencegahan HIV/ AIDS terus kami lakukan, salah satunya akan membuat Klinik khusus HIV AIDS. Peran serta semua pihak dibutuhkan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Linda, salah seorang aktivis HIV/ AIDS dari Garut Family Care (GFC), mengatakan, Peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember lalu.
“Kebetulan hari ini Car Free Day jadi kami manfaatkan momen ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa mereka yang mengidap HIV/ AIDS harus disejajarkan dengan kita, tidak boleh ada diskriminasi. Karena penyakit mereka tidak bisa menular secara langsung,” ujarnya.

Masih menurut Linda, penyelenggaraan kegiatan ini sukses digelar berkat kerjasama bekerjasama dengan TB Care Aisyiah Garut.

” TBC dan HIV Aids adalah salah satu penyakit yang harus kita perangi, dan harus dilakukan pencegahan juga sejak dini,” tandasnya. (Deni Rinjani) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN