Pemkab Garut raih Penghargaan SAKIP, Bupati: Itu Hasil Kerja Keras Aparatur dan Semua Elemen Masyarakat

GARUT, (GE).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan yang diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bernana penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Pemkab Garut berhak atas penghargaan tersebut, setelah diberikan nilai B.

Prosesi penyerahan penghargaan langsung diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan, di Batam, Kamis (25/01/18).

Usai menerima penghargaan, Rudy Gunawan mengatakan, penghargaan yang berhasil diraihnya itu merupakan hasil kerja keras aparatur pemerintah Kabupaten Garut dan semua element masyarakat Garut.


“Target kami sebenarnya nilai B itu ingin dicapai tahun depan.  Alhamdulillah target tersebut bisa lebih cepat kami peroleh pada tahun ini (2018), sehingga kami menargetkan tahun depan nilai kami bisa naik menjadi A,” ujarnya.

Rudy menambahkan, Pemkab Garut terus berupaya agar semua program pembangunan dilakukan secara transparan, akuntabel serta tertib administrasi.  Dan anggaran diprioritaskan untuk membiayai proyek dan program penting pemerintah yang menyangkut kebutuhan  pokok masyarakat.

Dijelaskannya, pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB terus berupaya melakukan efisiensi penggunaan anggaran pada 2018 ini. Salah satunya dengan mendorong penerapan manajemen kinerja lewat skema SAKIP.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, kehadiran SAKIP juga sangat penting demi meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran dalam berbagai proyek pembangunan yang tengah ramai digalakan pemerintah.

“Kehadiran Sakip dirasakan sangat penting, terutama ketika Presiden Jokowi menghendaki seluruh instansi pemerintah melakukan efisiensi dan meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran dalam program-program pembangunan yang menjadi prioritas,” ungkapnya, saat menyerahkan Penghargaan SAKIP di Hotel Radison Batam, Kamis (25/1/2018).

Asman turut menyebut keberhasilan penggunaan SAKIP pada tahun lalu. “Atas dasar ini, pada tahun 2017 kita berhasil mendorong potensi efisiensi anggaran pemerintah sebesar Rp 40 triliun,” katanya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI