Pemkab Garut Pertahankan Eksistensi UPTD Pendidikan

TARKID, (GE).- Rencana pemerintah yang akan menghapus Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) ditanggapi pro dan kontra. Di beberapa daerah, khususnya perkotaan seperti Kota Bandung, Tasik sudah tidak ada UPTD, termasuk di Dinas Pendidikan (Disdik). Khusus Pemkab Garut meminta agar UPTD Disdik tetap ada.

“UPTD di daerah masih sangat dibutuhkan sekali, apalagi Kabupaten Garut memiliki letak geografis yang sangat luas, ditambah dengan jumlah sekolah yang cukup banyak, mulai dari PAUD, TK, SD hingga SMA,” Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Oleh karena itu, mantan ketua Komisi D DPRD Garut tersebut berharap, agar UPTD Pendidikan tidak dibubarkan oleh pemerintah. Karena keberadaan UPTD Pendidikan sangat membantu peran serta Pemerintah Kabupaten Garut.

“Adanya UPTD dapat memberikan informasi kepada Pemkab mengenai perkembangan pendidikan di daerah, kualitas dan kuantitas sekolah,” ungkapnya.

Helmi menyebutkan, akan tetap berupaya ke DPRD agar UPTD Disdik tetap dipertahankan.“Saya akan terus berupaya mengajukan ke dewan agar UPTD tidak dihapuskan, terutama yang di daerah jauh dari Perkotaan,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Selasa (08/07), Ketua Komisi A DPRD Garut, H. Alit Suherman mengaku telah ada usulan dari eksekutif yang disampaikan pada rapat paripurna dewan, agar DPRD mempertahankan keberadaan UPTD tersebut. Pihaknya juga memandang kalau UPTD Disdik itu masih sangat diperlukan di wilayah Kabupaten Garut.

“Kalau bicara letak geografis Garut, UPTD itu masih diperlukan sebagai bentuk koordinasi kepegawaian,” katanya.

Dikatakan Alit, bahwa Peraturan Pemerintah (PP) nomer 18 mengenai SOTK baru, masih memungkinkan bagi pemerintah daerah untuk mempertahankan keberadaan UPTD. “Selama pemerintah daerah memandang masih perlu adanya UPTD, itu masih bisa dpertahankan. Sebab dalam PP itu ada klausul seperti itu,” ungkapnya.

Namun lanjut politisi dari Fraksi PKB itu, jika harus ada efesiensi, bisa saja UPTD itu dibuat perwilayah, misalnya satu UPTD membawahi beberapa kecamatan. (Jay)***