Pemerintah Pusat Baru Salurkan 50 Persen Blanko e-KTP untuk Kabupaten Garut

Ilustrasi

GARUT, (GE).- Persoalan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik tampaknya belum sepenuhnya tertuntaskan. Menurut  Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk  pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, Epip Zukfikar, hingga saat ini pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk memenuhi kebutuhan 1,5 juta wajib e-KTP  baru menerima 56 ribu blanko e-KTP dari pemerintah pusat  atau 50 persen dari 120 ribu blanko yang dibutuhkan. Catattan ini merupakan fakta yang diperoleh dalam rentang  tahun 2016 hingga pertengahan 2017.

“Artinya suplai blanko dari pemerintah pusat baru sekitar 50 persen untuk memenuhi kebutuhan wajib KTP di Kabupaten Garut sebanyak 1,5 juta orang dari 2,2 juta jiwa berdasarkan data konsolidasi bersih,” kata, Epip diruang kerjanya, Rabu (25/10/17).

Ditambahkannya, dari wajib e-KTP sebanyak 1,5 juta orang yang sudah terekam sebanyak 1,4 juta orang. Jumlah tersebut dari catatatan Disdukcapil Garut hampir sama dengan yang sudah tercetak sebanyak 1,4 juta orang wajib KTP.


“Jumlah wajib KTP yang belum terekam sebanyak 62,310 orang, dan yang belum tercetak sebanyak 45.712 orang,” jelasnya.

Menurutnya, target e-KTP di Kabupaten Garut, akan disesuaikan dengan ketersediaan blanko dan permintaan atau kebutuhan masyarakat.

Diperkirakan permintaan e-KTP tahun 2017 ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu yang sempat mengalami kekosongan blanko selama berbulan-bulan. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI