Pemerintah Kembali akan Gulirkan Program Rutilahu, Ribuan Rumah di Garut Segera dapat Perbaikan

ilustrasi

GARUT, (GE).- Melalui Dinas Perumahan dan Permukiman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali akan melakukan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu). Tercatat, ada 1.968 unit rumah di wilayah Kabupaten Garut yang akan mendapat perbaikan.

Anggaran untuk memperbaiki ribuan Rutilau tersebut menggunakan pos anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, hingga pemerintah pusat.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Garut, Aah Anwar , beberapa pos anggaran untuk perbaikan rutilahu sudah ada yang berproses. Meski demikian, seluruh rumah yang tahun 2018 ini akan diperbaiki selesai di bulan November (2018) sesuai aturan yang berlaku.


“Tahun ini (2018)  kita memang sudah merencanakan perbaikan rutilahu sebanyak 1.968 unit rumah yang tersebar di Kabupaten Garut. Sumber dananya dari sejumlah pos anggaran Garut hingga pusat. Karena beda pos anggarannya,” katanya.

Dijelaskannya, jumlah rutilahu yang diperbaiki tahun ini dipastikan akan mengurangi jumlah rumah yang diperbaiki sebaimana ditargetkan dalam RPJMD. RPJMD sendiri menargetkan perbaikan 10 ribu rutilahu hingga tahun 2019.

” Kita akan berusaha mewujudkan target RPJMD tersebut, dan di tahun 2019  diusahakan melakukan perbaikan untuk mengejar target yang sudah direncanakan,” katanya.

Menurutnya, jumlah rutilahu di Kabupaten Garut setiap tahunnya mengalami trend penambahan seiring bertambahnya jumlah penduduk. Untuk sebarannya sendiri, mayoritas rutilahu terdapat di kawasan perkotaan Garut.

” Memang (rutilahu) paling banyak terdapat di kawasan perkotaan Garut. Kita rata-rata melakukan perbaikan atap, dinding, dan lantai rumah menjadi lebih layak bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah,” pungkasnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI